Searching...

10 Penulis dengan Penghasilan Tertinggi di Dunia



Forbes mengeluarkan daftar 10 penulis dengan penghasilan tertinggi. 
Daftar ini berdasarkan penghasilan mereka dari buku, film, iklan, dan pendapatan lainnya dari Juni 2009 hingga Juni 2010.

Quote:
James Patterson Penulis Terkaya di Dunia

Industri percetakan mungkin mengalami masa-masa krisis dengan penjualan rendah, tapi survey terbaru mengatakan bahwa penulis-penulis top dunia justru mendapatkan pemasukan yang luar biasa.

Penulis bestselling thriller fiction, James Patterson menduduki peringkat teratas sebagai penulis dengan bayaran tertinggi menurut Forbes.com. Ia meraih $70 juta, termasuk perjanjian terakhir dari 17 buku terbarunya sampai tahun 2012, dengan estimasi $100 juta. Penghitungan yang dilakukan oleh Forbes ini berdasarkan pendapatan dari penjualan buku, film rights, televisi, game dan pemasukan dari faktor lainnya mulai dari 1 Juni 2009 hingga 1 Juni 2010.

Patterson sendiri telah menulis sebanyak 50 buku bestsellers dan menjual lebih dari 170 juta buku di seluruh dunia. Stephenie Meyer, penulis buku Twilight saga meraih pendapatan sebesar $40 juta. Stephen King, penulis buku bestsellers serial horror menduduki peringkat ketiga dengan total pendapatan $34 juta. Untuk melihat daftar lengkapnya bisa mengunjungiwww.forbes.com
Spoiler for 10. J.K. Rowling
10. J.K. Rowling

$10 million






Joanne Kathleen Rowling atau lebih dikenal sebagai J.K. Rowling dilahirkan pada 31 Juli 1965 di Chipping Sodbury, dekat Bristol, Inggris. Sebagai seorang ibu tunggal yang tinggal di Edinburgh, Skotlandia, Rowling menjadi sorotan kesusasteraan internasional pada tahun 1999 saat tiga seri pertama novel remaja Harry Potter mengambil alih tiga tempat teratas dalam daftar New York Times best-seller setelah memperoleh kemenangan yang sama di Britania Raya. Kekayaan Rowling semakin bertambah saat seri ke-4, Harry Potter and the Goblet of Fire diterbitkan pada bulan Juli tahun 2000. Seri ini menjadi buku paling laris penjualannya dalam sejarah.

Spoiler for 9. Nicholas Sparks
9. Nicholas Sparks

$14 million






Ia lahir di Omaha, Nebraska, pada Malam Tahun Baru, tepat 80 menit sebelum tahun 1966. Beasiswa penuh dari University of Notre Dame diperolehnya sebagai atlet lari di Universitas tersebut. Namun cedera yang dialaminya setalah memecahkan rekor lari estafet 4x800 meter membuat Sparks "terpaksa" menghabiskan waktunya untuk menulis agar tidak membuat ibunya kesal. Pria romantis yang terpilih oleh majalah People sebagai "Penulis Terseksi" ini jatuh cinta pada pandangan pertama dengan Cathy, yang dinikahinya pada tahun 1989, setahun setelah mereka bertemu. Setelah menjual novelnya The Notebook, barang pertama yang dibelinya adalah cincin kimpoi baru untuk istrinya. Namanya semakin terangkat setelah Message in the Bottledifilmkan dengan bintang utama Kevin Costner pada tahun 1999. A Walk to Remember yang oleh banyak kritikus dianggap sebagai karya terbaiknya juga difilmkan dengan bintang utama Mandy Moore. Nicholas Sparks sekarang tinggal New Bern, North Carolina, bersama seorang istri dan empat anak.

Spoiler for 8. John Grisham
8. John Grisham

$15 million




Spoiler for 7. Janet Evanovich
7. Janet Evanovich

$16 million






JANET EVANOVICH memulai karier kepenulisannya dengan mengarang sejumlah novel romantis kontemporer pendek di bawah nama pena Steffie Hall. Akan tetapi, dia baru meraih kesuksesan setelah menulis novel misteri berseri yang menampilkan Stephanie Plum sebagai tokoh utamanya. 



Plum, tokoh fiktif dalam serial tersebut, dikisahkan sebagai seorang lingerie buyer dari Trenton, New Jersey, yang membanting haluan menjadi bounty hunter setelah kehilangan pekerjaan. Keenam belas novel dalam seri tersebut, secara konsisten menduduki puncak daftar New York Times Best Seller. 



Penjualan total dari 33 novel yang ditulisnya sudah mencapai angka 75 juta kopi di seluruh penjuru dunia. Tak heran jika nama Evanovich dinobatkan sebagai salah satu penulis laris dunia.

Spoiler for 6. Dean Koontz
6. Dean Koontz

$18 million






Dean Koontz adalah novelis Amerika paling ternama. Ia telah menulis lebih dari 50 judul novel. Kebanyakan karyanya tergolong pada The New York Times Bestseller, antara lain Brother Odd, Velocity, Life Expectancy, By the Light of the Moon, From the Corner of his Eye, False Memory, Dark Rivers of the Heart, dan Intensity

Spoiler for 5. Ken Follet
5. Ken Follet

$20 million






Ia lahir di Cardiff, Wales 5 Juni 1949. Pada usia 18 tahun, Ken kuliah jurusan filsafat di University Colloge London. Ia menikah dengan Mary saat masih kuliah tingkat pertama, dan putra pertamanya lahir ketika Ken baru berusia 19 tahun. Tahun 1973 ia bekerja sebagai kolumnis Evening News, London. Lama kelamaan ia merasa frustasi dengan pekerjaannya di Evening News dan mulai menulis pada akhir pekan dan malam hari. Ia tidak berhenti dari pekerjaan tetapnya meskipun sudah berhasil menerbitkan buku-bukunya. Pada saat itu Ken menganggap menulis hanya sebagai "hobi yang menghasilkan". Eye of the Needle yang terbit tahun 1978 dan merupakan buku ketiganya menjadi bestseller serta memenangkan Edgar Award. Setelah itu Ken berhenti bekerja dan memfokuskan diri untuk menulis. Tahun 1984 Ken bercerai dan menikah lagi dengan Barbara Broer yang merupakan anggota Parlemen. The Third Twin menduduki urutan kedua daftar buku bestseller sepanjang tahun 1997, dan hanya kalah dari novel John Grisham, The Partner

Spoiler for 4. Danielle Steel
4. Danielle Steel

$32 million






Ibu sembilan anak ini adalah pengarang favorit di Amerika sehingga penerbitnya berani mengatakan, "America reads Danielle Steel", sebab semua orang Amerika mengenal Danielle Steel. Namanya telah masuk dalam The Guinness Book of Records karena prestasinya yang luar biasa. Dalam waktu 381 minggu berturut-turut, selalu ada paling tidak satu bukunya yang masuk dalam daftar bestseller The New York Times. Sebagian besar karyanya telah dibuat miniseri TV.

Spoiler for 3. Stephen King
3. Stephen King

$34 million






Stephen Edwin King (lahir di Portland, Maine, Amerika Serikat, 21 September 1947; umur 63 tahun) adalah seorang penulis asal Amerika Serikat. Ia populer lewat novel-novel horor tulisannya. Kisah-kisah yang ia tulis sering melibatkan protagonis yang "biasa", misalnya keluarga kelas menengah, seorang anak-anak, atau penulis. Selain kisah-kisah horor, King juga menulis cerita dalam genre lain, termasuk The Body dan Rita Hayworth and Shawshank Redemption (masing-masing diadaptasikan menjadi film layar lebar berjudul Stand By Me dan The Shawshank Redemption), serta The Green Mile dan Hearts in Atlantis.

Spoiler for 2. Stephenie Meyer
2. Stephenie Meyer

$40 million






Pada suatu malam di bulan Juni 2003, seorang ibu rumah tangga biasa bernama Stephenie Meyer bermimpi. Di mimpinya seorang gadis bercakap-cakap dengan seorang pemuda berkilauan di padang rumput penuh sinar matahari. Pemuda itu bukan manusia biasa. Ia seorang vampir. Mereka saling jatuh cinta dan si pemuda memberitahu gadis itu, betapa sulit baginya untuk tidak membunuh si gadis. 



Stephenie belum pernah menulis sebelumnya, namun mimpinya itu sangat kuat hingga ia memutuskan untuk menuliskannya. Dan tulisannya itu kelak dikenal sebagai TWILIGHT, yang disusul dengan NEW MOON, ECLIPSE, dan BREAKING DAWN. Tiga judul pertama sampai kini telah terjual lebih dari 5,3 juta copy di Amerika saja. 



Selain serial TWILIGHT, Stephenie juga menulis novel dewasa THE HOST, yang akan menjadi judul andalan GPU tahun depan.

Spoiler for 1. James Petterson
1. James Petterson


$70 million










James Patterson lahir tahun 1947 di Newburgh, New York. Ia lulus dengan predikat summa cum laude berbekal gelar MA Bahasa Inggris dari Vanderbilt University, lalu meniti kariernya pada tahun 1971 sebagai junior copywriter di perusahaan periklanan J.Walter Thompson. Sejak itu kariernya melesat pada usia 39 tahun Patterson menjadi direktur kreatif termuda dalam sejarah perusahaan tersebut. Pada usia 27 tahun ia menerbitkan karya pertamanya, The Thomas Berryman Number, yang berhasil meraih penghargaan Edgar Award untuk kategori Best First Novel. Sejak saat itu ia telah menulis beberapa novel, tapi nasibnya berubah dalam semalam tatkala Aling Came A Spider dipublikasikan pada tahun 1993, memperkenalkan detektif/psikolog kulit hitam, Alex Cross. "Novel-novel Alex Cross adalah tentang mimpi buruk,"ujarnya,"mimpi buruk dalam kehidupan nyata." Kiss the Girls dan Along Came A Spider sudah difilmkan dengan judul yang sama, dibintangi Morgan freeman sebagai Alex Cross.