Searching...

Gara-Gara Tifatul Sembiring, Michelle Obama Kecewa. Citra SBY Tercoreng Pula




Rabu, 10 Nov 2010 04:08 WIB

JAKARTA,RIMANEWS- Konservatisme (kekolotan)  Islam menguat di PKS kubu Tifatul Sembiring. Jabat tangan antara Tifatul Sembiring dan Michelle Obama malah jadi pemberitaan media internasional. Namun Tifatul dikritik karena menyalahkan Michelle. Sikap Tifatul  itu tidak pantas. Akibatnya, malah mencoreng citra SBY sebagai presiden yang mengundang Obama ke Jakarta.

Washington Post menyebut rekaman di YouTube membantah Michelle menyodorkan tangannya terlalu jauh. Alasan Tifatul itu juga disebut telah memicu debat panjang di Facebook, Twitter dan blogosphere.
"Saya mencoba untuk mencegah (disentuh), tapi Mrs Michelle tangannya terlalu jauh ke arahku (jadi) kita bersentuhan," kata Menteri Informasi Tifatul Sembiring itu pada puluhan ribu pengikut di Twitter seperti dilaporkan koran besar itu.
Koran itu juga menyebut Tifatul Sembiring biasa memamerkan konservatisme dan menghindari kontak dengan wanita yang bukan muhrimnya. Dilaporkan juga penduduk Indonesia di seluruh negeri berkumpul di depan pesawat televisi dan menyaksikan Tifatul menyentuh istri presiden Amerika itu.

Tifatul Sembiring disebut juga berbagi antusiasme menyambut Obama. Dia tersenyum lebar sambil menjabat tangan Presiden, dan kedua tangannya memegang Michelle Obama. Tapi kemudian ia mengatakan terpaksa melakukan kontak itu.
Mestinya, Tifatul tak beralasan seperti itu karena terkesan menyudutkan istri Obama dan justru mencoreng SBY pula. Seakan ada keganjilan bahwa PKS yang puritan kenapa bisa bergabung ke koalisi SBY yang  moderat atau sekular.
Gara-gara menyalami Ibu Negara AS Michelle Obama, Menkominfo Tifatul Sembiring dibanjiri protes di Twitter. Pernik konservatisme PKS kubu Tifatul.

Sejumlah protes mengalir di Twitter, tak lama setelah siaran langsung televisi yang menayangkan sambutan Istana Kepresidenan untuk kedatangan presiden AS Barack Obama dan Michelle. Misalkan saja seorang pengguna yang men-tweet, "Peristiwa bersejarah, Tifatul dan Michelle Obama salaman!"
Ada pula yang mengatakan, "Ujian terbesar PKS: mencari dalil yang membenarkan kadernya salaman dengan bukan muhrim dan halalnya orang kidal masuk wilayahnya." Kidal merujuk pada Obama yang memang menggunakan tangan kirinya ketika menandatangani buku tamu istana.

Dari siaran televisi memang terlihat seluruh jajaran menteri Kabinet Indonesia Bersatu II mengantri untuk bersalaman. Kemudian terlihat Tifatul menyalami Michelle. Hal ini cukup mengejutkan, mengingat kader PKS menjunjung tinggi nilai islam, yang melarang laki-laki bersentuhan dengan perempuan yang bukan muhrimnya.
Tifatul pun memberi konfirmasinya, "Sudah ditahan dua tangan, eh, Bu Michelle-nya nyodorin tangannya maju banget. Kena deh," katanya. Mantan ketua PKS itu juga menyampaikan keheranannya karena banyak protes dari pengguna Twitter yang ditujukan pada dirinya.
Ia pun menyangkal dirinya mencari kesempatan. "Cari-cari kesempatan? Astaghfirullah! Benar-benar tidak sengaja," Tweet-nya.