Searching...

Mobil Dinas Volvo Menteri Retro


volvo menteri 

Pada tahun 1974,  pemerintah Indonesia menetapkan Volvo seri 264 sebagai mobil dinas para menteri. Kebijakan ini  memberikan status tersendiri bagi mobil yang dikenal sebagai mobil teraman di dunia. Bahkan, dalam perkembangan selanjutnya, Volvo dikategorikan sebagai mobil para eksekutif, karena digunakan sebagai mobil resmi untuk penjemputan tamu negara, mobil dinas pimpinan lembaga tinggi dan tertinggi negara, serta sebagai mobil pimpinan perusahaan.
volvo mobil dinas menteri jaman dulu  

Sejak saat itu, setiap kali pergantian kabinet, VolvoVolvo 740, Volvo 960, dan terakhir Volvo S90. Kondisi  ini membuat PT Central Sole Agency yang memasukkan Volvo di Indonesia tak perlu bersusah payah menjual mobil-mobil Volvo di Indonesia. seri terakhir tetap menjadi pilihan sebagai mobil dinas para menteri, seperti seperti Volvo 740, Volvo 960, dan terakhir Volvo S90. Kondisi  ini membuat PT Central Sole Agency yang memasukkan Volvo di Indonesia tak perlu bersusah payah menjual mobil-mobil Volvo di Indonesia.

Namun, pada masa pemerintahan Presiden Megawati Soekarnoputri, diputuskan untuk menggunakan Toyota Camry sebagai mobil dinas para menteri. Keputusan pemerintah untuk mengganti Volvo dengan Toyota Camry itu membuat PT Central Sole Agency kelimpungan, karena secara tiba-tiba kehilangan segmen yang selama ini menjadi pasar tradisionalnya, yakni segmen mobil para eksekutif.

Cap sebagai mobil para eksekutif yang berusia 50 tahun keatas ternyata membawa dampak yang sangat besar. Merubah segmentasi untuk masuk ke pasar eksekutif muda 30-40 tahunan, butuh waktu yang lama. Menggarap segmen sedan fullsize papan atas pun , pesaingnya sudah sangat banyak, mulai dari Audi A8, BMW Serie 7, Jaguar XJ8, Lexus LS 460, sampai Mercedes Benz S-Class.

Mobil-mobil keluaran Volvo sesungguhnya adalah mobil-mobil yang bagus dan berkualitas, tidak kalah dibandingkan dengan mobil-mobil papan atas lainnya. Namun, perubahan kebijakan pemerintahlah yang membuat Volvo seperti terlupakan. Apalagi, ketika pemerintahan baru terbentuk pada 22 Oktober 2009, diputuskan untuk mengganti mobil dinas para menteri dengan Toyota Crown Royal Saloon, yang kelasnya satu tingkat di atas Toyota Camry.

Volvo 264 GL 
Volvo pun semakin terlupakan……………………………….

http://mobilretro.com/volvo-menteri-retro/