Searching...

Mengenal negara kepulauan NEW CALEDONIA - Surga dunia

New Caledonia (bahasa Perancis: Nouvelle-Calédonie) atau lebih mudah aja disebut Kaledonia Baru adalah negara kepualauan yang berada di seberang laut sana yaitu milik Perancis yang tepatnya terletak di Samudra Pasifik bagian Selatan… New Caledonia ato Nouvelle-Calédonie (bahasa Prancis) juga disebut Kanaki oleh Penduduk asli negara tersebut. Negara ini telah dikuasai Perancis selain Polynesia…Dan status ini dikenakan pada negara cantik ini hingga tahun 1998… Ibukota dari negara kecil ini adalah Noumea….

Jumlah penduduk New Caledonia seperti yang tercatat pada 1 September 2006 : 237,765 orang
.


Dan tahukah kamu??? Kalau yang merasa orang Jawa dan cakap berbahasa Jawa, aku rasa tak akan menemukan kesulitan saat jalan-jalan ke negeri ini… Mengapa?? Seperti halnya Suriname, daerah ini juga dihuni oleh sebagian Suku Jawa yang merantau ke sini…Dulu konon orang Jawa yang tinggal di sini bekerja sebagai kuli guna mencari kehidupan yang lebih baik… Kasus perpindahannya pun sama seperti orang Jawa yang pindah ke Suriname, namun sepertinya kegiatan orang Jawa yang pindah ke negara2 pasifik telah berhenti sejak tahun 1949….


Bendera Negara






Kaledonia adalah pulau terbesar ketiga yang ada di wilayah Pasifik setelah Papua Nugini dan New Zealand… Seperti halnya kita, orang Jawa yang tinggal dan menetap di New Caledonia tetap menggunakan bahasa Jawa sehari-harinya, namun kabarnya kini para anak muda di sana sudah menggunakan Bahasa Prancis sehingga sedikit sulit menemukan generasi muda yang bisa menggunakan Bahasa Jawa.














Konon pihak berwenang di new caledonia telah membuat cadangan laut di beberapa pulau untuk melindungi kehidupan laut di sekitarnya. Dalam laut cadangan ini ada beberapa kapal yang sengaja ditenggelamkan untuk membuat karang buatan..







Sumber : Kaskus