Searching...

Mesin-Mesin Terbesar di Dunia

Berikut ini mesin berjalan (bergerak dengan roda atau rantai roda) yang terbesar yang pernah dibuat manusia…

Kabar perpindahan terakhirnya terjadi pada tahun 2001, ketika mesin ini bergerak dari satu pertambangan ke pertambangan yang lain – menempuh jarak 22 kilometer, menjelajahi daratan, jalan-jalan raya, menyeberangi rel-rel kereta api, pinggiran kota dan pedesaan. Karena mesin ini tidak bisa begitu saja melewati rintangan-rintangan itu -karena bisa merusaknya- para pekerja menyiapkan lapisan pasir untuk alas disepanjang jalannya ketika melewati rel KA, jalan-jalan raya, memindahkan tiang-tiang listrik, dan menyebarkan rumput-rumput khusus di atas tanah yang dilaluinya untuk mempermudah jalannya.
Butuh waktu 3 minggu untuk memindahkannya! Ketika sampai di tempatnya mesin ini akan melahap bukit-bukit batubara, batu-batu karang dengan rakus!
Overburden Conveyor Bridge F60
Mesin raksasa ini dinamakan Overburden Conveyor Bridge F60, berlokasi di Lichterfeld. Raksasa besi ini memiliki panjang 502 meter, lebar 202 meter, tinggi 80 meter dan berat 11.000 ton!. Dibuat di Jerman Timur tahun 1991 oleh VEB TAKRAF Lauchhammer. Setelah beroperasi hanya selama 13 bulan, mesin ini diistirahatkan karena alasan tidak ramah energi. Pertambangan Klettwitz-Nord tempat dioperasikannya mesin konveyor ini ditutup. Saat ini mesin ini disebut sebaga “menara eifell yang terbaring”.
Perbandingan “F60″ dengan menara Eiffel
“Big Muskie”, Raksasa Berjalan di Ohio
Excavator berjalan “Big Muskie” pernah menjadi Mesin Pemindah Tanah Terbesar di Muka Bumi. Dibuat tahun 1969, mesin ini mampu memindahkan 39 juta pound tanah dan batu tiap jamnya, merengjuh batubara hingga kedalaman 100-150 kaki di tenggara Ohio. BM mampu mengayun sepanjang 600 kaki, bergerak menjelajahi daratan dengan 4 tumpuan raksasanya.
Beroperasi hingga 1991 setelah permintaan berhenti dan juga karena kemauan dari pemiliknya. Dibongkar tahun 1999 dan hanya tersisa pengeruk raksasanya saja sebagai tontonan menarik di Reinersville, Ohio.
===================================================================
Di atas adalah Mesin-mesin terbesar di dunia dalam kategori mesin berjalan (bergerak dengan roda atau rantai roda). Di bawah ini adalah mesin terbesar dalam kategori mesin yg tidak berjalan (diam di tempat)..
“Large Hadron Collider” atau LHC
Penjelasan singkat mengenai mesin ini:
“Large Hadron Collider” adalah cincin “Akselerator Partikel” dan “Atom-Smasher” raksasa yg dibuat oleh Badan Riset Nuklir Eropa (CERN). Dibangun diantara perbatasan Perancis dan Swiss, cincin itu sendiri terdiri dari 9300 kumparan magnet superkonduktif dengan berat berton-ton yg dirangkai seperti sosis dan kemudian didinginkan dengan sekitar 96 ton helium cair.
Inilah beberapa fakta mengenai project ini:
* Akan memakan waktu 20 tahun dan sampai sekarang masih berjalan.
* Satu tim yang terdiri dari 7000 fisikawan yang berasal dari lebih 80 negara.
* Dengan lintasan lingkaran 27 kilometer, 175 meter di bawah tanah.
* Memfasilitasi proses tubrukan antar proton, dengan kecepatan mendekati kecepatan cahaya.
* Terowongannya cukup besar untuk dilewati kereta api.
* Menciptakan keadaan temperatur hingga 1 juta kali lebih panas dari inti matahari.
* Magnet-magnet superkonduktor yang didinginkan pada temperatur lebih dingin dari luar angkasa.
The Collider Tunnel (terowongan untuk proses tubrukan proton) :
Untuk menggambarkan betapa besarnya skala dari monster ini, bayangkan mesin ini sepanjang 17 mil menyeberangi tapal batas dua negara, mempunyai detektor di 4 lokasi sebesar bangunan manusia, ditempatkan di lubang (goa) yang sangat besar – dan jika Anda berada di dalamnya saat mesin ini dioperasikan, Anda akan mengalami pengaruh radioaktif yang berat dan pengalaman yang fatal.
Untuk satu solenoid (CMS) dibutuhkan besi yang jumlahnya lebih banyak dari besi untuk membangun menara Eiffel. Biaya untuk membangun LHC ini demikian besar, sehingga Amerika tahun 1993 menghentikan proyeknya sendiri yaitu Superconducting Super Collider (meski terowongan sepanjang 14 mil telah mereka gali di Texas). Jadi, paling tidak saat ini proyek CERN sendirian menyandang gelar “mesin paling njlimet yang pernah dibuat oleh manusia”.
CMS detector sebelum ditanam 100 meter di bawah tanah:
Potongan melintang dari detektor ATLAS, seukuran sebuah katedral!:
Lihat orang di gambar bawah ini, untuk skala bagaimana besarnya mesin ini:
Tim LHC ini kerap disebut sebagai “Lord of The Ring”, suasana proyeknya sendiri mirip-mirip susasana di film “Star Wars”:
http://www.indowebster.web.id