Searching...

Situs Jejaring Social Muslim Tandingan Facebook

Millatfacebook.com bisa jadi merupakan situs jejaring sosial muslim pertama yang pernah ada. Sebelumnya aku pernah mendengar kabar akan ada situs jejaring sosial muslim beralamat nahnumuslim.com, tapi hingga saat ini situs tersebut belum diisi apa-apa. Namun, saat ini situs jejaring sosial muslim yang ditunggu-tunggu itu akhirnya rilis juga.


Pendirian situs ini dilatarbelakangi oleh munculnya sebuah fan page di facebook bernama “Everybody Draw Mohammed Day!” (EDMD). Kemudian, pemerintah pakistan melalui otoritas telekomunikasinya memblokir situs facebook tersebut. Pada tanggal 20 Mei 2010 yang lalu muncul sebuah ajakan untuk memboikot facebook melalui sebuah fan page yang bernama “AGAINST Everybody Draw Mohammed Day!”. Akhirnya sehari kemudian fan page EDMD tersebut ditutup oleh facebook. Tidak hanya sekali itu muncul grup atau fan page yang menyebarkan kebencian terhadap Islam. Sementara itu, grup-grup yang mengajak persatuan Islam dsb. juga banyak yang ditutup oleh facebook.

Akibat perilaku diskriminasi tersebut, maka muncullah niatan dari sekelompok anak muda profesional di bidang IT dari kota Lahore (Pakistan) untuk mendirikan sebuah situs jejaring sosial muslim. Pemilik situs millatfacebook.com, Usman Zaheer, mengatakan bahwa situs jejaring sosial buatan mereka adalah pesaing dari Facebook dan timnya berusaha menempatkan yang terbaik untuk membuat MillatFacebook menjadi salah satu situs sosial yang besar dan sukses di dunia.

Tampak di halaman depan millatfacebook itu terdapat sebuah tagline yang mengatakan “MillatFacebook helps you connect and share with more than 1.57 billion Muslims and Sweet people from other Religions”. Dari tagline tersebut jelas sekali harapan ke depannya MillatFacebook ini dapat menjadi media interaksi di dunia maya bagi umat Muslim dan juga umat agama lain yang tidak memusuhi kaum Muslim.

Millatfacebook memiliki nama, tampilan dan fitur yang sangat mirip dengan Facebook. Tambahan kata “millat” itu sendiri diambil dari bahasa Urdu yang biasa digunakan untuk merujuk kepada negara. Dalam MillatFacebook ini setiap pengguna dapat menuliskan pesan di dinding temannya. Situs ini juga memungkinkan pengguna mengirim foto, email, video, dan juga melakukan chat. Yang agak unik adalah dalam pengaturan profil terdapat isian mengenai diri kita apakah “smoker” & “drinker”. Tapi ada hal yang lebih unik lagi dan menurutku itu keren sekali, yaitu konten Term of Use MillatFacebook tersebut:
Only Terms of using this website are:
1) You must respect Humanity
2) You must respect Believes of all People
3) No Disrespect to anyone
Thanks,
MillatFacebook Team
Saat ini akses terhadap situs MillatFacebook memang terasa sangat lambat, belum secepat facebook. Hal tersebut sudah dikonfirmasi oleh pihak pengembang MillatFacebook. Mereka saat ini sedang melakukan upgrading MillatFacebook. Selama proses itu dilakukan, akses akan berjalan lambat. Sekedar informasi, pengguna MillatFacebook sekarang sudah mencapai angkai 19.000 orang. Termasuk angka yang fantastis untuk ukuran situs yang baru saja lahir.

Menarik untuk menantikan bagaimana sikap resmi facebook terhadap kemunculan situs yang menyerupainya ini. Ada kekhawatiran facebook akan menuntut MillatFacebook dengan alasan plagiasi atau melanggar hak cipta. Tetapi sebenarnya jika kita mengeksplorasinya, kita akan menemukan user experience yang berbeda dari facebook yang sudah kita kenal. Jadi kalau menurutku sih seharusnya MillatFacebook itu bisa dikatakan legal.

Terakhir, yang jelas saya senang sekali ada sebuah situs jejaring sosial muslim yang tidak kalah bagusnya dengan facebook. “Well done guys. You have made a great alternative for the whole Muslim ummah (nation)!