Searching...

Proses Pengereman Pesawat Saat Landing Beserta Alatnya

Bagaimana pesawat saat landing dan dengan menggunakan apa saja termasuk pengeremannya.



pertama:




Pertama, pesawat akan mengeluarkan yang namanya
spoiler.
Gunanya untuk mengurangi gaya angkat sehingga pesawat akan lebih cepat turun. Tapi untuk penerbangan normal, spoiler nggak dibuka full. Hanya dibuka-tutup sesekali saja sebelum fase pendaratan. Gambar diatas adalah saat dimana spoiler digunakan untuk pengereman setelah pesawat menyentuh tanah. Penjelasan lebih lanjut ada dibawah
 kedua:

flap:


Selanjutnya flap diturunkan. Flap adalah penampang bagian belakang pesawat yang fungsinya adalah menaikkan gaya angkat dan mengurangi kecepatan.

macam2 flap:
 flaps:

Plain flap
adalah jenis flap yang paling sederhana. Biasanya terdapat pada pesawat kecil.
Split flap
juga salah satu jenis flap sederhana dan terdapat pada pesawat kecil dan sedang. Contohnya ada pada pesawat Dacota DC-3.
 DC3:

Fowler Flap
adalah jenis flap yang paling banyak digunakan pada pesawat komersil karena kemampuannya meningkatkan gaya angkat yang tinggi.
Slotted flap
adlah flap yang akan membuat sebuah slot saat digunakan. slot ini berguna untuk mendorong aliran udara turbulen menjadi streamline.

ketiga:

ban:


Begitu akan mendekati landasan, maka landing gear diturunkan. Apa fungsinya?? Ya buat alas pesawat itu mendarat laah.


Jadinya akan seperti ini:
 buka:

 atau:



Dari gambar diatas, sudah jelas bahwa dengan menggunakan flap maka kecepatan pesawat akan berkurang tanpa kehilangan gaya angkatnya. landing gear yang diturunkan berkontribusi menambah drag yang akan memperlambat laju pesawat.
 keempat:


Selanjutnya mulailah pesawat landing.
 landing:

 landing:

menyentuh ground



Di titik ini, disaat ban pesawat menyentuh ground. secara otomatis, spoiler terbuka full keatas.

terbuka full:


spoiler yang terbuka keatas ini akan membantu pengereman pesawat dengan cara menghalangi aliran udara. Begitu pula dengan flap.

 kelima:



Bila agan perhatikan pada beberapa saat setelah ban pesawat menyentuh tanah, maka bagian tengah engine (mesin pesawat) ada bagian yang terbuka.

seperti ini:



Atau di jenis pesawat lainnya ada yang membentuk payung seperti ini:
payung:


Nah bagian tersebut dinamakan THRUST REVERSER. Yakni sebuah alat yang fungsinya adalah membelokkan arah udara yang ditembakkan engine menjadi kearah depan.

 macam2 thrust reverser:

CLAMSHELL
. Biasanya digunakan pada pesawat jenis Boeing dan Airbus.

Gambar kedua, reverser yang menggunakan actuator biasanya ada pada tipe pesawat MD-82 (sekarang hanya maskapai Indonesia, Wings Air yang mempunyai pesawat jenis ini)


Gambar ketiga ada jenis reverser yang menggunakan semacam actuator berbentuk ulir.


Intinya adalah, aliran udara yang dihasilkan engine dibelokkan sedemikian rupa agar arahnya menjadi kedepan. Memang tidak murni 100% berbalik arah, tapi setidaknya resultan gaya yang dihasilkan sudah cukup efektif untuk pengereman.


 satu lagi:
Oiya, ada yang kelupaan nih ane. untung aja ada salah satu agan yang berbaik hati ngingetin. Ada satu sistem pengereman lagi yang namanya adalah AUTOBRAKE. Alat ini adalah sistem pengereman yang dipasang pada ban pesawat itu sendiri, bisa dibilang ini jenis pengereman yang umum digunakan di hampir semua alat transportasi yang mempunyai roda karena menggunakan sejenis kampas rem.
 happy landing:












Sumber : Kaskus