Searching...

Contoh terbentuknya sebuah Pulau

Contoh Sebuah Pulau
Quote:

Pulau adalah sebidang tanah yang lebih kecil dari benua dan lebih besar dari karang, yang dikelilingi air. Kumpulan beberapa pulau dinamakan pulau-pulau atau kepulauan (bahasa Inggris: archipelago).Ada empat syarat yang harus dipenuhi agar dapat disebut sebagai 'pulau', yakni; memiliki lahan daratan, terbentuk secara alami, bukan lahan reklamasi, dikelilingi oleh air, baik air asin (laut) maupun tawar, selalu berada di atas garis pasang tinggi. Dengan demikian, gosong pasir, lumpur ataupun karang, yang terendam air pasang tinggi, menurut definisi di atas tak dapat disebut sebagai pulau. Begitupun gosong lumpur atau paparan lumpur yang ditumbuhi mangrove, yang terendam oleh air pasang tinggi, meskipun pohon-pohon bakaunya selalu muncul di atas muka air.
Quote:
Inilah Proses Nyata Yang Di Abadikan Oleh Salah Seorang Pelancong Saat Melakukan Perjalanan Dengan Yachtnya Berlibur Di Laut Pasifik Utara, Dimana Sebuah Pulau Baru Terbentuk Dari Hasil Gempa Vulkanik
Spoiler for Pulau

Apakah ini sebuah pantai?hmmm silahkan tebak

Spoiler for Pulau

Sepertinya sebuah pantai??

Spoiler for Pulau

Ternyata Bukan, ini adalah laut pasifik utara, dimana debu vulkanik mengapung menutupi permukaan laut (gejala-gejala kalau di sekitar laut itu ada gunung vulkanik)

Spoiler for Pulau

Debu Vulkanik yang sudah menutupi seluruh wilayah laut di sekitar Yacht tersebut

Spoiler for Pulau

Jadi dimana gunung vulkaniknya?

Spoiler for Pulau

Kondisi Laut Di sekitar Wilayah Tersebut

Spoiler for Pulau

Kondisi gelombang laut pasifik yang tenang, dan ditutupi oleh debu vulkanik

Spoiler for Pulau

Tiba-tiba muncul kepulan asap yang membumbung tinggi dari dalam laut

Spoiler for Pulau

Sesaat Kemudian muncul asap hitam yang tebal dari dalam sumber asap yang awal tadi

Spoiler for Pulau

Asap hitam tersebut membuat suasana di sekitar wilayah tersebut menjadi gelap, sedangkan air laut berubah bernuansa emas dengan pantulan bias sinar matahari

Spoiler for Pulau

Dan dari dalam laut muncul sebuah ujung pulau yang di tutupi oleh kepulan asap yang menyelimuti sumber tersebut

Spoiler for Pulau

Asap tebal masih keluar dari laut, bersamaan dengan munculnya ujung pulau tersebut

Spoiler for Pulau

Makin lama makin bertambah ukuran pulau yang muncul dari dalam laut

Spoiler for Pulau

Dan Terbentuklah sebuah pulau baru di laut pasifik utara

Spoiler for Pulau

Pulau baru

Contoh-Contoh Lain Munculnya Pulau Baru Hasil Gempa Bumi
Quote:
Quote:


Gosong Wulawan, sebutan yang berarti karang emas untuk “pulau” yang baru tumbuh di perairan Haloban, Kecamatan Pulau Banyak Barat, Kabupaten Aceh Singkil, diyakini mengandung material berharga berupa batu bara, gas, dan mineral pirit.
Quote:


Daratan baru yang muncul diantara Pulau Tailana dan Madangkati ini mengeluarkan lumpur bercampur pasir dan biji logam kuning yang berkilauan dengan volume kecil dan sumber yang banyak. Logam kuning ini belum tentu emas mungkin saja pirit atau arsenopirit yang memang hampir sama fisiknya. Tim dari BPPT, ikatan Ahli geologi Kelautan dan Pemda setempat menyatakan akan meneliti apa yang terjadi, bagaimana dampaknya dan akan diinformasikan segera ke masyarakat agar mereka tidak resah.
Kepala Pusat vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi mengatakan bahwa kejadian naiknya dasar laut di Kepulauan banyak itu tidak perlu diresahkan karena memang selalu terjadi setelah gempa besar. Hal yang sama pernah terjadi di Nias, yang biasa digunakan untuk surfing, lautnya menjadi dangkal setelah gempa tahun 2005.
Quote:


Palua Baru yang muncul di Hawai akibat Gempa Bumi
Quote:
Salah satu pulau baru paling terkenal karena hasil gempa vulkanik adalah pulau kecil Surtsey, terletak di selatan Samudra Atlantik Islandia. Ini pertama kali muncul dari permukaan laut saja pada tahun 1963. Pada tahun 1965, itu dinyatakan sebagai cagar alam untuk studi suksesi ekologi, tumbuhan, serangga, burung, anjing laut, dan bentuk-bentuk kehidupan lainnya.
Daftar Pulau-Pulau Yang terbentuk Dari hasil Gemap Bumu


Sumber : Kaskus