Searching...

Google

Orang-orang berpengaruh pada sejarah Google

Quote:
Google ditemukan tahun 1998 oleh 2 orang yang sekarang menjadi President Google Inc.
mereka adalah
Lawrence Edward "Larry" Page sekarang menjabat sebagai Products President dan Sergey Mikhaylovich Brin sekarang menjabat sebagai Technology Presidents
Spoiler for Larry page:


Spoiler for Sergei Brin:


Spoiler for Mereka Berdua:


Oh ya ada satu lagi orang yang ga kalah pentingnya yaitu
Susan Wojcicki beliau adalah orang yang 'memperbolehkan' 2 manusia Larry and Sergei untuk bekerja di garasinya sebagai awal mula terbentuknya Google. Oh ya sekarang ini Susan Wojcicki adalah istri dari Sergei brin sekaligus sebagai menjabat sebagai VP Production and Management.
Spoiler for Susan Wojcicki:


Satu lagi yang ga kalah pentingnya adalah
Eric Emerson Schmidt beliau menjabat sebagai CEO Google Inc.
Spoiler for Eric Schmidt:
Sejarah Singkat Google

Quote:
Pada saat itu sebuah penelitian dilakukan oleh Larry Page dan bekerja sama dengan Sergey Brin ketika mereka berdua masih mahasiswa PhD di Stanford University, California. Mereka berkesimpulan bahwa mesin pencari yang menganalisa hubungan antar website menghasilkan hasil ranking yang lebih baik daripada search engine dengan metode yang ada saat itu.

Akhirnya mereka berdua membuat search engine dengan nama “
BackRub” karena memiliki sistem yang melakukan pengecekan backlink untuk memperkirakan tingkat penting tidaknya sebuah situs. Pada saat itu sebuah Search Engine kecil bernama Rankdex juga sedang melakukan penyelidikan yang sama.

Berdasarkan logika bahwa halaman dengan banyak link mengarah ke halaman tersebut adalah halaman yang penting dan relevan, maka Larry Page dan Sergey Brin melakukan pengujian dan menjadikan thesis mereka sebagai penelitian untuk search engine mereka. Akhirnya search engine buatan mereka digunakan oleh Stanford University di google.stanford.edu. Dan domain google.com diregistrasikan pada 15 september 1997 dan menjadi perusahaan Google Inc.

Bagaimana Google bekerja

Quote:

1. Bagaimana Search Engine bekerja

Spoiler for Search Engine:
Cara search engine bekerja adalah dengan menggunak software yang disebut SPIDER.

Sama seperti laba-laba biasa yang mempunyai jaring-jaring, begitu juga dengan SPIDER ini, dengan menggunakan logika yang sama, spider akan terus mencari informasi yang sesuai dengan yang kita inginkan.


Gampangnya begini, misalnya di intenet ada 1 miliar halaman web, sedangkan kita ingin mencari yang berkaitan tentang JAMU. Maka SPIDER akan mencari setiap kata JAMU pada setiap halaman yang ada di 1 miliar web tersebut.


Secara simple cara kerja search engine seperti itu. Lantas mengapa Google berbeda??


2. Apa yang membedakan antara Google dengan Search Engine biasa??

Spoiler for Google keren:
Yang membuat google berbeda adalah algoritma yang digunakannya. emangnya algoritma google itu seperti apa sih
Quote:
Spoiler for cekidot:
PR(A) = (1-d) + d ( ( PR(T1) / C(T1) ) + … + ( PR(Tn) / C(Tn) ) )

* PR(A) adalah Pagerank halaman A

* PR(T1) adalah Pagerank halaman T1 yang mengacu ke halaman A
* C(T1) adalah jumlah link keluar (outbound link) pada halaman T1
* d adalah damping factor yang bisa diberi antara 0 dan 1.
* N adalah jumlah keseluruhan halaman web (yang terindex oleh google)

Nama lain atau keren dari Algoritma ini disebut dengan PageRank.


3. Apa itu PageRank

Spoiler for PageRank:
PageRank adalah algoritma merk dagang yang dikembangkan oleh penemu google dimana setiap web mempunyai nilai relevansi terhadap informasi yang ingin dicari.

Bisa dibayangkan kalau kita search kata Sepakbola di google pasti akan muncul banyak web yang menampilkan kata sepakbola akan tetapi bagaimana kita bisa mensortir mana yang paling relevan dengan kita dan paling akurat informasinya, oleh karena itu ada PageRank.


Jadi setiap web ada nilai relevansinya dan itu ditentukan oleh beberapa faktor, antara lain :

1. Frekuensi dan lokasi kata kunci dalam Halaman Web: Jika kata kunci hanya muncul sekali di dalam badan halaman, web tersebut akan menerima skor yang rendah untuk kata kunci tersebut.

2. Berapa lama web telah ada: Orang-orang membuat halaman web baru setiap hari, dan tidak semua dari mereka menunggu dekat lama. Google menghargai web dengan waktu lebih lama.

3. Jumlah halaman Web lainnya yang memiliki link ke halaman yang bersangkutan: Google melihat berapa banyak halaman Web link ke situs tertentu untuk menentukan relevansinya. Link ini termasuk link keluar atau link kedalam. Jadi semakin banyak link yang ada pada halaman tersebut (yang pasti link yang sesuai dengan informasi yang kita mau) akan mempunyai nilai besar
.


4. Contohnya.

Spoiler for contoh:
Kita ingin mencari informasi sepatu di google. Maka dengan sekejap SPIDER-nya google akan mensearch kesemua web di dunia ini yang mempunyai kata sepatu dan dengan software mereka,
mereka akan melakukan penilaian terhadap web tersebut berdasarkan faktor2 yang disebutkan diatas sehingga bisa memunculkan web mana yang paling tinggi nilai relevansinya pada informasi yang kita mau.

Spoiler for sepatu:

Bisa kita lihat cara kerja SPIDERnya Google bekerja melakukan pencarian dan melakukan pensortingan hanya dalam waktu kurang dari 0.2 detik. Luar biasa bukan.

Google dan lain-lainnya

Quote:
1. Google dan fitur-fitur lainnya
Spoiler for temen-temen:

1. Google Seach Engine --> Termasuk pencarian artikel, foto, maupun
file pdf sampai kepada arsip-arsiip.

Spoiler for google:

2.Google Chrome --> fitur google yang berhubungan dengan browsing.

Spoiler for google
chrome
:

3.Google Mail --> fitur google yang berhubungan dengan email.

Spoiler for google
mail
:

4. Kemampuan google yang lain yang unik

Spoiler for unik:
1. Perhitungan matematika sederhana.
Mesin cari Google bisa melakukan perhitungan matematika sederhana seperti penjumlahan, perkalian, pembagian atau pengurangan, karena memiliki kemampuan fungsi sebagai kalkulator. Ketikkan angka yang ingin dihitung beserta tanda perhitungannya ke dalam kotak mesin cari, misalnya: 5+3*5, lalu tekan tombol Enter atau klik tombol Search di Google.

2. Konversi mata uang.

Fasilitas konversi mata uang juga tersedia di mesin cari Google. Cukup ketikkan angkanya diikuti tanda mata uangnya yang ingin dikonversi dari mata uang tertentu ke mata uang yang diinginkan di kotak mesin cari, misalnya: 100 USD in INR, lalu tekan Enter.

3. Melihat waktu di berbagai kota di seluruh dunia.

Anda bisa mencari tahu waktu lokal di sebuah kota atau negara lain. Cukup ketikkan time in [nama kota/negara] di kotak pencarian untuk mencari tahu dengan mudah waktu lokal di sebuah kota/negara. Misal: time in Barcelona.

4. Konversi unit.

Selain berfungsi sebagai kalkulator, mesin cari Google juga bisa mengkonversi ukuran. Misalnya: 100 inch in meter.

5. Cek ejaan.

Google juga punya fasilitas mengecek ejaan, baik ejaan biasa untuk kata benda seperti nama dan tempat, yang mungkin tidak muncul di program spell check atau kamus standar.

6. ada juga Google Analytics, Google Tranlate, Google Ads, Google Aps dan masih banyak Google2 yang lain.


7. Ada yang kelupaan, Google Maps. Ini salah satu hal yang membantu temen2 agan membuat HT di kaskus atau juga membantu agan2 untuk mencari tempat tinggal. :thumbsup:



2. Salah satu pribadi yang juga berpengaruih dalam sejarah Google adalah seekor anjing. Nama anjing itu YOSHAKA.
Spoiler for YOSHAKA:


3. Apa itu Google MentalPlex
Spoiler for MentalPlex:
Pernah ga agan2 nulis kata di kolom google dan keluar kemungkinan2 kata yang agan2 maksut? itu maksudnya MentalPlex. Jadi mempermudah kita untuk mencari seandainya kita lupa2 inget. Google emang top bangett..

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4511681