Searching...

Mobil Rel Retro


mobil kereta api hy rail pontiac station wagon 

“Mobil rel kereta”  adalah sebutan bagi suatu kendaraan multifungsi. Di luar negeri mobil jenis ini disebut sebagai  mobil “Road Rail”,  “Hy-rail”, “High–rail” atau “Hi-rail”, definisinya adalah sebuah kendaraan bermesin yang secara legal  dapat digunakan di jalan raya ataupun di  atas rel kereta api.

hy rail model awal 

Nama Hy-Rail sendiri merupakan singkatan dari kata “highway” (jalan raya)  dan “rail”  (jalan kereta api).  Mobil ini memang dibuat dengan menggunakan basic dari  mobil yang biasa digunakan di jalan raya, yang kemudian dimodifikasi agar dapat digunakan di atas rel kereta api.
Ada dua jenis modifikasi yang dilakukan yaitu dengan cara langsung mengganti  roda yang menggunakan ban dari karet dengan sebuah roda dari baja (flanged steel wheels) atau dengan menambahkan seperangkat roda tambahan di bagian depan dan belakang, yang dapat dinaik turunkan menggunakan system hidrolik.

hy rail chevy blazer 

Tujuan utama modifikasi ini adalah membantu atau mempermudah operator kereta api untuk melakukan pemeliharaan atau perbaikan rel kereta api.
Berbeda dengan  lokomotif , Hy-rail memiliki mobilitasnya yang lebih tinggi serta mudah diperbaiki apabila mengalami kerusakan.
Rel kereta api yang jauh membentang melewati berbagai kondisi alam, memang seringkali mengalami kerusakan. Untuk dapat segera memperbaiki, para teknisi dari jawatan kereta api tentunya memerlukan kendaraan yang cepat. Sayangnya, lokasi dimana kerusakan rel terjadi tidak selalu di tempat yang mudah dicapai. Untuk itulah sejak tahun 1930, hy-rail mulai dirancang untuk keperluan tersebut. Bahkan beberapa Hy-Rail dibuat dengan basic kendaraan 4X4 untuk meningkatkan daya jelajahnya.

hy rail cadillac 1948 

Dengan Hy-Rail, para teknisi dapat dengan cepat menuju lokasi kerusakan menggunakan jalan raya,setelah dekat dengan rel terdekat, mobil segera dikonversikan untuk digunakan di atas rel tersebut. Kelebihan yang lain,apabila saat perbaikan ada kereta yang akan  lewat, kendaraan ini dapat segera diturunkan untuk menghindarai tabrakan. Hy-rail juga khusus  dirancang untuk tidak mengaktifkan sirkuit pensinyalan  sehingga tidak akan mengganggu jadwal kereta api yang akan lewat.
Walaupun ide untuk pembuatan hy-rail telah di cukup lama, pada kenyataannya sampai hari ini Hy-Rail dapat dikatakan tidak pernah sukses. Selalu saja timbul permasalahan yang sering seperti  :
  • Pada rel kereta api yang sedikit menanjak, seringkali hy-rail tidak dapat bergerak karena selip.
  • Sistem hidrolik tidak bekerja sempurna.
  • Pemindahan dari jalan raya ke rel kereta sering bermasalah.
  • Roda mudah rusak.
  • Serta beberapa kecelakaan akibat pemakaian yang menimbulkan kematian.
Pada perkembangannya, Hy-Rail juga dirancang sebagai kendaraan penumpang di wilayah-wilayah yang memang belum dibangun jalan raya. Basic yang digunakan adalah bis penumpang yang telah dimodifikasi khusus.

hy rail bis penumpang umum.
hy rail bis penumpang umum 1950

Di berbagai negara, berbagai macam merk mobil telah dicoba untuk dimodifikasi sebagai mobil Hy-Rail. Dibawah ini adalah beberapa contoh lainnya :

Hy-Rail Chevrolet 1952
hy rail chevrolet 1952.
Hy-Rail Mercedes Benz 280S (Mercy Kebo)
hy rail mercy kebo mercedes benz 280s.
Hy-Rail Chevrolet Bel Air 1955
hy rail chevrolet bel air 1955.
Hy-Rail Morris Mini 1000
hy rail morris mini 1000.
Hy-Rail VW Kombi
hy rail vw kombi
.
Hy-Rail Jeep Willys 1951
hy rail jeep willys 1951
http://mobilretro.com/mobil-rel-kereta-retro/