Searching...

TENTANG "SMARADHANA"

Smaradhana adalah sebuah legenda mengenai kedahagaan dua hati di dunia yang fana. Ketika Batara Kama dan Batari Ratih harus menjalani keterpisahan yang membelenggu mereka. Kama hidup tanpa wujud dalam hati laki-laki, sementara Ratih dalam hati perempuan. Rasa hati di dalam setiap manusia hadir dari peran mereka. Mereka yang selalu terpisah dan selalu ingin untuk bersatu, walau kesempatan itu tidak mudah. Terjal dan berbatu.

Penyatuan diri mereka ditandai oleh suksma, rahasya, dan tepet. Suksma adalah rasa­ akan hal-hal yang halus di dalam dan di luar diri manusia. Semuanya menjadi sangat halus dan lembut. Ramai menjadi sun­yi. Yang biasanya dikatakan akhirnya dibisik­kan, dan yang biasanya dibisikkan menjadi tidak diucapkan.

Rahasya adalah ketika pertemuan itu terjadi. Mungkin hanya sesaat namun berarti bagi sebuah kedalaman hati. Tidak ada yang melihat, karena yang melihat berubah menjadi yang dilihat. Mereka yang bertemu lah yang mendalami makna dari hadirnya dua hati menyatu. Rahasya membawa Kama dan Ratih berada dalam dunia yang terpisah dari dunia fana.

Tepet adalah hasil dari pertemuan Kama dan Ratih. Sebuah penciptaan dan mahakarya agung yang melebihi batas kemampuan dari mereka berdua jika tidak bersatu. Inilah sinergi yang tidak bisa dipelajari, tidak bisa pula dinanti. Ia terjadi begitu saja oleh sebuah “pertemuan”

Dua hati itulah yang kini mencoba merajut rasa dalam kidung, bahwa betapa mereka saling merindukan semua ini. Suksma, Rahasya, Tepet.