Mitsubishi Lancer yang diproduksi pada tahun 1979 adalah Lancer generasi kedua, yang diberi kode produksi sebagai Lancer EX. Mobil ini dirancang oleh Aldo Sessano (disain) serta Rakuzo Mitamura (engineering) setelah era krisis bahan bakar di seluruh dunia yang menyebabkan perubahan besar pada disain mesin.
Disain bodi-nya dibuat sederhana dengan mengadopsi disain “boxy look”. Interiornya dibuat
lebih lega dibandingkan dengan mobil sekelasnya, selain itu juga dilengkapi dengan “high performance heating/ventilation system” untuk mendapatkan kenyamanan yang optimal. Lancer EX memang dibuat sebagai mobil keluarga yang lega serta mudah dikendarai karena dengan bentuk bodi yang menukik di bagian depan, pandangan pengemudi menjadi lebih luas. Lancer EX mempunyai bodi yang relatip ringan tetapi kuat. Suspensinya menggunakan 4-link suspension yang telah disempurnakan, membuat “handling” kendaraan ini lembut dan halus.
Peluncuran Lancer EX untuk pertama kalinya dilakukan di jepang dengan dua jenis mesin yaitu :
- Mesin kapasitas 1.4 L MCA-JET (teknologi terbaru yang lebih sempurna dari system karburator), yang disebut sebagai “Orion Engine”. Mesin ini dipadukan dengan “Mitsubishi Silent Shaft Technology”, hingga mampu menghasilkan daya 80 hp (60 kW). MCA singkatan dari Mitsubishi Clean Air merupakan teknologi yang dikembangkan oleh pabrikan Mitsubishi sebagai upaya untuk dapat memenuhi standar emisi di jepang dan amerika. Menggunakan disain baru “silinder head” yang memberikan saluran udara bagi “Jet valve” agar dapat memberikan efek pusaran udara ekstra ke ruang pembakaran. Hasilnya memang cukup signifikan, campuran udara dan bahan bakar dapat seluruhnya terbakar dengan baik sehingga mesin menjadi lebih efisien serta bersih. Sedangkan “Silent Shaft Teknologi” adalah terobosan baru yang diterapkan di Lancer yaitu dua shaft penyeimbang yang memutar berlawanan arah, efeknya adalah mengurangi getaran mesin, mengurangi kebisingan serta memberikan kenyamanan berkendara
- Mesin kapasitas 1.6 L (Saturn 80 Engine) dengan aplikasi Mitsubishi Silent Shaft Technology”, menghasilkan output 85 hp (63 kW) dan 100 hp (75 kW)
Selanjutnya Lancer diproduksi dengan berbagai type dengan sbb :
- 1400SL (1979-1983), adalah Lancer sedan 4-pintu dengan mesin 1.4L. Transmisinya 4-speed dan 5-speed Manual.
- 1200SL (1979 – 1983) , identik dengan Lancer 1400SL, tetapi dengan pilihan mesin 1.2L.
- 1400GL (1979 – 1983), adalah Lancer 1400SL dengan 3-speed Automatic Transmission.
- 1400SL A / T (1983 – 1987), Sama seperti GL, dengan sedikit perubahan pada bagian eksterior
- 1600XL (1979 – 1983), adalah lancer sedan 4 pintu yang menggunakan mesin 1.6L, dengan 3-speed Automatic Transmission.
- 1600XL Super (1983 -1987), Sama seperti XL, dengan sedikit perubahan pada eksterior.
- 1800SE (1981 -1983), lancer sedan 4-pintu sedan dengan mesin kapasitas 1.8L (Sirius 80 Engine), memproduksi 100 hp (75 kW) . Tersedia dengan 5-speed Manual Transmission atau 3-speed Automatic Transmission.
- 1800GSR Turbo (1981 – 1983), Lancer sedan 4-pintu dengan mesin 1.8L turbocharged yang memproduksi 135 hp (101 kW).
- 1800GT Turbo (1981 – 1983), Sama seperti GSR, tetapi dengan perbedaan pada bentuk bodi.
- 1800GSR Turbo Intercooler (1983 – 1987)- versi turbo pertama yang dilengkapi dengan Intercooler, memproduksi 160 hp (119 kW), dan dengan sedikit perubahan pada bodi dan kelengkapan.
- 1800GT Turbo Intercooler (1983 – 1987) Sama seperti GSR Turbo Intercooler, dengan sedikit perubahan pada bodi.
- 1800GSL Turbo (1983 – 1987) – Sama seperti GSR Turbo Intercooler, hanya saja menggunakan mesin dari GSR / GT Turbo, dan dilengkapi dengan 3-speed Automatic Transmission serta interior yang lebih mewah, dengan standar AM / FM Stereo Cassette Multi-System
Di Eropa, Lancer EX ditawarkan dengan 2.0 L turbocharged 4-silinder yang dikenal sebagai Lancer 2000EX Turbo. Pada tipe inilah untuk pertama kalinya Lancer menggunakan mesin 4g63, yang kemudian digunakan dalam model-model yang menjadi legenda yaitu Mitsubishi Galant VR-4 dan Lancer Evolutions I sampai dengan IX. Output yang dapat dihasilkan adalah 168 bhp (125 kW) dan kecepatan tertinggi mencapai 201 km / jam. Akselarasinya untuk jarak seperempat mil ditempuh kurang dari 15,5 detik.
Suatu fasilitas baru pada model ini adalah telah dilengkapi dengan ECI atau “Advanced elektronik-Controlled Fuel Injection”, yang dapat memberikan tenaga yang lebih besar tetapi tetap irit dalam pemakaian bahan bakar. Dengan kondisi mengemudi di dalam kota, pemakaian bahan bakarnya 23 mile per gallon, sedangkan pemakaian di luar kota adalah 28,8-37,2 mile per gallon.
Sebuah versi rally dari Lancer 2000EX Turbo dibuat untuk 1000 Lakes Rally yang sanggup mengeluarkan 280 PS (206 kW; 276 hp). Akan tetapi penjualan model ini tidak terlalu baik karena ketatnya peraturan emisi Jepang yang dikenakan pada waktu itu.
Sumber :
- Wikipedia.org
- uniquecarsandparts.com.au
- cgi.ebay.com.sg
- mitsubishi-motors.co.za
- mwir.net
- mitsubishi-motors.co.za
- http://mobilretro.com/mobil-mitsubishi-retro-lancer-1979/