Searching...

THE RUSSIAN LAST EMPEROR TSAR NIKOLAS II

www.rajaparkir.com

Nicholas II (Nama Rusia: Николай II atau  dibaca Nikolay Vtoroy) adalah Tsar/Kaisar terakhir Rusia setelah kejatuhan pemerintah monarki kerajaan wangsa Romanov yang kemudian menjadi awal mula bangkitnya paham Komunisme di negeri beruang merah tersebut.
tzar_nicholas_ii_by_andybagira-d8pfwe8
Sebagai seorang putera pertama Tsar Alexander III dan istrinya Tsarina Maria Feodorovna, Nikolay adalah penerus tahta kekaisaran Rusia dinasti Romanov urutan ke-2 setelah ayahnya.
9780141019987
Buku The Emperors karya Miranda Carter yang memperlihatkan 3 raja yang sebenarnya masih saudara sepupu satu sama lain.
Bersama dengan Raja Inggris George V dan Kaiser Jerman Wilhelm II, posisi Nikolay adalah sebagai sepupu yang bercabang dari satu nenek moyang dari garis keturunan ibu, yaitu Ratu Victoria dari Inggris Raya.

Pewaris kekaisaran Rusia dan kisah cintanya.

Pada tanggal 1 Maret 1881, setelah pembunuhan kakeknya Tsar Alexader II maka ayahnya Alexander III kemudian mengambil tanggung jawab sebagai seorang Tsar diikuti dengan ditetapkannya Nikolay menjadi seorang putera mahkota.
Di umurnya yang ke-16, sang Tsarevich (sebutan pangeran di Rusia) menemukan cinta pertamanya, yang kemudian di masa depan akan menjadi ibu dari anak-anaknya, Puteri Alexandra Feodorovna atau biasa disebut puteri Alix yang saat itu masih berumur 12 tahun. Yang sebenarnya keduanya merupakan saudara sepupu baik dari garis kekeluargaan ayah maupun ibu mereka. Mereka bertemu di pernikahan paman Nikolay (Sergey) dan adik perempuan Alix (Elisabeth) di St. Petersburg.
“Adalah mimpiku untuk menikahi Alix suatu hari nanti. Aku sudah lama menyukai Alix untuk waktu yang lama tapi kini terasa lebih dalam dan kuat sejak 1889 ketika ia menghabiskan waktu 6 bulan berada di St. Petersburg. Aku sudah menahan perasaanku untuk waktu yang sangat lama agar harapanku dapat terwujud.” Tulis seorang Nikolay sebagai Tsarevich muda yang tengah di mabuk cinta pada buku diary-nya.
Sayangnya ayah dan ibu Nikolay adalah raja dan ratu anti Jerman dimana puteri Alix berasal jelas lantas tidak menyetujui hubungan keduanya. Segera saja Tsar Alexander dan Tsaritsa Maria berniat menjodohkan putera sulung mereka dengan seorang puteri cantik bertubuh tinggi dan berambut hitam dari Perancis, Hélène puteri dari Comte/Duke of Paris.
“Mama berusaha menjodohkanku dengan puteri Comte de Paris, Hélène.” curhat Nikolay pada buku diary-nya, “Aku sendiri ingin menentukan jalan hidupku tapi nyatanya mama ingin aku untuk memilih jalan lain.”
Beruntung dengan alasan bahwa keluarga Hélène tidak sudi putri mereka berganti agama dari Katolik Roma ke Kristen Ortodox Rusia jika nantinya Hélène harus menjadi istri Nikolay.
Tak patah arang Tsar dan Tsaritsa berusaha lagi menjodohkan Tsarevich Nikolay dengan puteri Margaret dari Prusia, adik dari Kaiser Wilhelm, sepupu sang Tsarevich. Dengan alasan Margaret dianggap lebih kelihatan mirip Alix ketimbang Hélène. Saat itu Nikolay berpendapat lebih suka memilih jalan menjadi pendeta ketimbang harus menikahi orang yang tidak dicintainya sama sekali. Beruntung bagi Nikolay, kembali dengan alasan enggan mengganti agamanya dari Kristen Protestan menjadi Kristen Ortodox Rusia Margaret menolak permintaan untuk menjadi calon istri Tsarevich, membuat Nikolay selamat dari usaha perjodohan yang dilakukan orang tuanya akhirnya usaha Tsar dan Tsaritsa menjodohkan putera mereka pun kandas.
Pada April 1894 kakak Alix, Ernest Louis menggantikan sang ayah dan kini menjadi Grand Duke of Hesse and by The Rhine yang menikahi sepupunya Puteri Victoria Melita dari Saxe-Coburg and Gotha. Pernikahan itu dirayakan besar-besaran bersamaaan dengan diadakannya festival yang megah. Dan sebagai pernikahan dua wangsa terkenal keluarga kerajaan Eropa saat itu tentu saja mereka menghadirkan rombongan keluarga kerajaan-kerajaan yang masih memiliki tali persaudaraan dengan mereka. Tsarevich Nikolay datang sebagai kepala delegasi dari keluarga kekaisaran Rusia bersama dengan 3 pamannya, Vladimir, Sergei dan Paul beserta dengan dua tante (dari pernikahan kepada anggota keluarga kerajaan Rusia) Elizabeth Feodorovna and Maria Pavlovna.
engagement_official_picture_of_alexandra_and_nicholas
Foto pertunangan resmi Tsarevich Nikolay dalam seragam Hussar dengan Puteri Alix dari Hesse dan Rhine.
Sehari setelah kedatangannya di Coburg, Nikolay segera melamar Alix yang kini kembali dipertemukan  dalam sebuah perayaan pernikahan. Di luar dugaan Alix melempar surat lamaran itu ke tanah karena menolak untuk berganti agama ke Kristen Ortodox Rusia.
Nikolay kecewa dan berpikir untuk tidak memaksakan kehendaknya lagi, namun berkat bantuan para sepupu Nikolay, Kaiser Jerman Wilhelm II yang lantas mengatakan bahwa sudah merupakan tugas Alix untuk mau dinikahi Tsarevich untuk perbaikan hubungan antara Rusia dan Jerman yang sempat merenggang berkat sikap offensive pemerintah Tsar Alexander III pada Jerman.
Alix bahkan dinasehati adiknya sendiri, Elisabeth yang telah menikah dengan anggota keluarga kerajaan Romanov (paman Nikolay) bahwa sebenarnya tak ada perbedaan antara Kristen Lutheran dan Kristen Ortodox Rusia sehingga alasan Alix dianggap tidak masuk akal. Yang akhirnya kemudian membuat hati sang puteri goyah dan  menerima lamaran kedua kalinya dari calon kaisar Rusia yang tengah di mabuk cinta tersebut.
Pertunangan dilaksanakan di Inggris sebagai cucu perempuan favorite Ratu Victoria. Nikolay pun berangkat dari Rusia ke Inggris untuk menemui calon pendampingnya kelak bersama dengan seorang pendeta Ortodox Father Yashinev, yang bertugas akan memberikan instruksi dan membimbing puteri Alix berganti kepercayaan dari seorang Lutheran menjadi Ortodox.
Bertepatan dengan kehadiran keduanya di Inggris, ada sebuah peristiwa penting pula di Inggris. Tiba-tiba keduanya, Nikolay dan Alix diminta untuk menjadi Godparents (wali) bagi putera pertama sepupu Nikolay, Raja George V yang baru lahir yaitu Edward VIII.
Musim gugur di tahun itu pula, kondisi kesehatan Tsar Alexander III menurun drastis, Nikolay yang saat itu telah kembali dari Inggris langsung meminta izin agar tunangannya dapat menggunakan kediaman di istana Krimea Romanov yang terletak di Livadia (kini terletak di Ukraina) yang akan ditemani adik Alix, Elisabeth melakukan perjalanan dari Warsawa ke Krimea sebagai penumpang kereta kelas biasa.
Akhirnya Tsar Alexander III yang sedang sakit keras berupaya memaksa untuk memberikan restu pada calon menantunya tersebut dengan seragam resmi kerajaan.

Tsar dan Tsaritsa Romanov dari Rusia.

Di usia ke-49 tahun, Tsar Alexander III meninggal dunia mewariskan kekaisaran Rusia kepada putera sulungnya, yang pada malam itu juga langsung dinobatkan menjadi seorang Tsar Romanov dari Rusia. Sehari setelahnya, Alix diterima sebagai anggota baru dalam agama Kristen Ortodox Rusia yang kemudian diberi gelar, “Grand Duchess/Tsarevna Alexandra Feodorovna yang tercerahkan.” sebagai imbalan dari pengorbanan besarnya mau meninggalkan kepercayaan lamanya dengan yang baru.
Lain halnya dengan Nikolay yang justru “tidak tercerahkan” setelah kematian ayahnya, Nikolay merasa ia belum cukup pantas untuk mengambil tanggung jawab sebagai Tsar, berkali-kali bertanya pada saudara sepupu sekaligus iparnya, “Apa yang akan terjadi padaku dan seluruh Rusia?” dengan pemikiran bahwa ia tidak memiliki kemampuan dan kesiapan yang cukup sebagai raja, Nikolay memilih untuk memfokuskan awal-awal tugasnya sebagai raja pada administrasi kerajaan dan bukannya melanjutkan formula kebijakan hukum dan keteraturan publik baru yang ingin dicanangkan sang ayah.
wedding_of_nicholas_ii_and_alexandra_feodorovna_by_laurits_tuxen_1895-6_royal_coll
Lukisan pernikahan kerajaan Romanov antara Nikolay II dan Puteri Alix.
Sesuai rencana pernikahan Nikolay dan Alix tetap dilaksanakan pada tanggal 26  November 1894 bertepatan dengan hari ulang tahun janda Tsar Alexander III, ibunda Nikolay.
Pernikahan itu dilakukan ketika masih dalam rangka berkabung setelah kematian Tsar Alexander III.
Alix menulis surat kepada adiknya, “Pernikahan kami adalah kelanjutan dari proses liturgi pemakaman Tsar Alexander, dengan satu perbedaan. Aku menggunakan gaun putih dan bukan hitam.”
Namun rupanya acara pernikahan yang dilaksanakan setelah pemakaman menjadi buah bibir di masyarakat Rusia pada umumnya. Warga Rusia yang masih lekat percaya pada mitos dan tahayul jelas menganggap bahwa kehadiran Alix sebagai Tsaritsa baru mereka dengan mengiringi peti mati mertuanya pada hari pernikahannya adalah merupakan sebuah tanda kesialan bagi negara tersebut.
Mungkin saja Alexandra -Alix- Feodorovna kini adalah pendamping Tsar setelah pernikahan mereka, namun baru dua tahun kemudian acara resmi penobatan mahkota untuk Tsar dan Tsaritsa baru rakyat Rusia terjadi pada tanggal 14 Mei 1896.
walentin_serow_kroenung_zar_nikolai_ii_anagoria
Lukisan penobatan Tsar Nikolay II atau yang lebih dikenal sebagai Tsar Nicholas II dalam dunia internasional.
Hari itu peristiwa penobatan mahkota untuk Tsar dan Tsaritsa menyebabkan pertumpahan darah. Sekitar 1,389 dan 1,300 luka-luka dari  100,000 warga yang menyaksikan raja dan ratu baru mereka dinobatkan teridentifikasi mati di lapangan Khodynka karena kehabisan nafas akibat berdesak-desakan dan mati terinjak. Rumor mengatakan bahwa sajian makanan yang disediakan untuk warga yang menyaksikan jumlahnya tidak memadai sehingga menimbulkan chaos terjadinya perebutan makanan, bir gratis dan suvenir cangkir porselen di antara pengunjung saat itu.
Rakyat Rusia percaya bahwa peristiwa banyaknya kematian warga yang menyaksikan jalannya penobatan itu sebagai tanda awal kesialan untuk bangsa Rusia dari sang ratu baru.
Tsaritsa tidak begitu disukai rakyat Rusia, karena ia dikenal sosok yang dingin, tidak ramah dan acuh pada rakyatnya. Kalangan bangsawan Rusia sendiri melabeli Alix dengan sebutan wanita pemalu sehingga memilih lebih banyak diam dan menunduk ketika tampil di depan publik ketimbang banyak aksi dan liar.
Malam itu juga delegasi Perancis berniat mengadakan makan malam resmi bersama Tsar untuk membahas konferensi perdamaian di Hague, Belanda, sementara sang Tsar hanya ingin menghabiskan waktunya dengan berdo’a dan beristirahat di kamarnya. Namun berkat desakan pamannya yang mengatakan bahwa jika delegasi Rusia tidak hadir akan menjadi perbincangan internasional dan menyebabkan citra buruk bagi seluruh Rusia di mata dunia.
Nicholay tak bisa menolak, dengan keadaan letih ia menghadiri makan malam resmi yang diadakan delegasi Perancis. Untung bagi Nikolay, ketika tanpa sepengetahuannya ia menjadi kepala yang mempromosikan konferensi tersebut, sang Tsar masuk dalam nominasi pemenang hadiah nobel untuk kategori perdamaian dunia.
czar_nicholas_alexandra_olga
Tsar dan Tsaritsa dengan puteri sulung mereka.
Musim gugur tahun itu pula Tsar Nikolay mengajak serta istrinya dan puteri pertama mereka Grand Duchess Olga ke Skotlandia untuk bertemu dengan nenek Alix, Ratu Victoria  yang sangat mengasihi Alix sejak kecil. Sementara Tsar melewatkan hari dengan berburu dalam keadaan sakit gigi di tengah-tengah liburan dua kerajaan besar Eropa di istana Balmoral itu. Namun itulah saat terakhir kalinya Alix bertemu denga orang yang mengasihinya, karena pada setelah itu hingga tahun 1901 pada pemakaman Ratu Victoria Alix tak bisa hadir karena tengah mengandung anaknya yang keempat, Puteri Anastasia.
Mungkin untuk masalah percintaan Tsar Nikolay bisa menarik nafas lega namun tidak dengan tindakan rakyat yang menuntut raja baru mereka untuk mengubah politik kerajaan yang semula berpaham monarki kerajaan menjadi monarki konstitusional dan segera mereformasi hukum untuk masyarakat kelas bawah seperti petani dan buruh
Sepertinya tekanan rakyat menyebabkan sebagian besar dewan kerajaan mulai memikirkan mengubah kekuasaan monarki kerajaan menjadi monarki konstitusional, namun ketika pendapat itu disampaikan pada Nikolay, sang Tsar justru marah besar dan menolak saran tersebut mentah-mentah.
Selain itu Nikolay banyak mengalokasikan dana untuk membangun jalur kereta api Trans-Siberian sebagai upaya mempermudah rakyat Rusia yang berada di timur jauh untuk menjual hasil kebun, ternak hingga hasil bumi mereka ke ibu kota atau kota-kota besar Rusia lainnya. Alih-alih membela kepentingan rakyat, isu yang berkembang di masyarakat adalah jalur kereta api yang sangat panjang tersebut dibangun untuk kepentingan perang melawan Jepang.
Perang dengan Jepang pun tidak membawa hasil yang menguntungkan Rusia pada saat itu, meski akhirnya kereta Trans-Siberia benar-benar digunakan untuk membawa suplai kebutuhan perang di Timur Jauh melawan Jepang, Rusia kalah telak. Setelah kekalahan Rusia, Kaiser Wilhelm II membujuk Nikolay untuk mendeklarasikan perdamaian dengan Jepang yang akhirnya dipatuhi oleh Tsar.
Diprakarsai oleh Amerika, perdamaian itu dihasilkan lewat konferensi di atas kapal angkatan laut Portsmouth yang turut menghasilkan traktat Portsmouth yang sebagian besar berisi pelemahan kegiatan militer kekaisaran Rusia di Timur Jauh dan Asia Timur (termasuk penarikan pasukan Rusia dari Manchuria yang saat itu adalah jajahan Jepang) serta berjanji tidak akan mengganggu usaha Jepang menginvasi Korea, yang paling menyakitkan adalah Rusia hanya memiliki sedikit luas wilayah pulau Sakhalin di Utara dan sisanya harus diberikan pada Jepang sebagai pemenang perang.
Kekalahan ini merupakan hal yang memalukan bagi rakyat Rusia pada umumnya. Karena sebagai negara besar habis dipermalukan oleh Jepang yang negara kecil. Sejak itu rakyat Rusia yang sudah tidak menaruh rasa hormat pada kerajaan menjuluki raja mereka sebagai “pecundang”.
Pada tanggal 9 Januari 1905, terjadi tragedi yang memilukan bagi seluruh bangsa Rusia. Sekelompok pengunjuk rasa menyampaikan protes mereka atas kebijakan kerajaan yang dianggap memberatkan mereka. Para pengunjuk rasa membawa spanduk dan foto sang Tsar sembari menyanyikan lagu “God Save The Tsar.”. Pada pukul 2 siang mereka telah sampai ke depan halaman istana musim dingin. Unjuk rasa itu berakhir tragis, nyatanya pasukan yang berjaga malah menembaki pengunjuk rasa.
Entah itu atas perintah Tsar atau tidak karena hingga hari ini penyebab penembakan brutal itu belum dapat dipastikan atas perintah Tsar atau boikot semata demi memuluskan jalan revolusi di bawah kepemimpinan pemerintah Komunis. Yang pasti dunia langsung mengutuk Tsar atas tragedi kemanusiaan itu, Tsar dijuluki dengan keji, tanpa ampun dan menjadi bulan-bulanan di media cetak internasional.

Raja juga bisa cemburu VS konspirasi Rasputin.

the-romanov-children-1910
Putera dan Puteri Tsar dan Tsaritsa Romanov.
Setelah kelahiran ke-4 Puteri Romanov, lahirlah seorang bayi laki-laki yang langsung didapuk Tsar akan menjadi penerus kekaisaran Romanov setelah dirinya. Gelar Tsarevich langsung melekat pada sang bayi. Tsarevich Alexei Nikolaevich Romanov tumbuh sebagai anak bungsu pasangan Tsar dan Tsaritsa yang saat itu hampir kehabisan akal memiliki seorang pewaris laki-laki.
aleksei01Namun kondisi kesehatan sang Tsarevich sangat mengkhawatirkan, sebagai anak laki-laki yang tumbuh dengan ayah dan ibu carrier Hemopilia yang diwarisi mereka dari nenek moyang mereka Ratu Victoria. Maka peluang Alexei terjangkit Hemopilia lebih besar. Penelitian menyebutkan dalam kasus keluarga dengan ayah-ibu carrier Hemopilia biasanya anak laki-laki yang lahir di keluarga tersebut tidak akan bisa bertahan sampai usia 3 tahun.
Segala cara dan upaya Tsar dan Tsaritsa lakukan agar putera mereka dapat sembuh. Sedikit luka menganga yang didapat sang Tsarevich bisa mengancam jiwanya. Satu saja goresan ranting, atau tragedi terantuk batu dan mengalami lecet lutut bisa berakibat fatal bagi dirinya.
download
Grigori Rasputin.
Keajaiban datang ketika seorang pendeta kemudian tiba-tiba datang ke istana karena mengaku mendapat petunjuk dari Tuhan. Adalah Grigori Rasputin, seorang pendeta dan mengaku memiliki kemampuan spiritual untuk menyembuhkan Tsarevich Alexei.
Tentu saja pihak keluarga dalam istana kaget, sebab pada kenyataannya penyakit Alexei tak pernah diumbar keluar istana, sementara Rasputin adalah seorang yang tinggal di luar istana tiba-tiba datang dan mengaku mengetahui penyakit Tsarevich dan hendak membantu memulihkan kondisi sang pangeran. Tak punya pilihan lain Tsar dan Tsaritsa mengizinkan Rasputin untuk mengobati Alexei.
Metode yang digunakan terlihat sangat sederhana, di masa kini ketika pengetahuan telah maju kita bisa menyebut metode ini sebagai hipnosis/hipnoterapi. Tapi di masa itu jika anda adalah seorang ahli hipnosis anda jelas akan dipuja-puja sebagai ‘utusan’ Tuhan.
Biasanya setelah diobati Rasputin, Alexei yang biasa banyak menghabiskan waktu tidur-tiduran di kamarnya mampu berlari-lari mengelilingi istana. Sang Tsarevich yang biasanya mengalami kekakuan dan nyeri di kedua kaki pun akhirnya tak merasakannya setelah proses pengobatan.
Rasputin dianggap bagai dewa penolong. Tsaritsa yang selalu khawatir dengan kondisi puteranya mempercayai bahwa Rasputin memang benar utusan Tuhan untuk menolong puteranya. Rasputin diminta untuk tinggal di istana sebagai “dokter” pribadi Alexei. Kerap kali ia diundang makan bersama satu meja dengan keluarga Tsar dan Alexei menjadi amat penurut dan menyenangi sosok Rasputin yang telah banyak membawa keajaiban untuk kondisi fisiknya yang sebelumnya lemah.
Sikap sembrono Rasputin membuat Tsar muak, kerap kali ia makan menggunakan kedua tangan atau bermain-main dengan makan menggunakan mulutnya seperti anjing yang mana di zaman itu table manner ketika makan dengan petinggi negara adalah hal yang sangat sensitif. Tsar menganggap Rasputin tidak menghormatinya sehingga berkali-kali hendak mengeluarkan perintah untuk menyeret Rasputin keluar istana.
Namun Tsaritsa berkata lain, ia mengatakan bahwa suaminya terlalu sensitif dan menganggap bahwa Rasputin hanya orang biasa sebelum ia masuk istana. Rasputin tidak boleh dipaksa mengikuti gaya kerajaan yang kaku karena ia tidak berasal dari kelas yang sama dengan mereka. Nampaknya semua pertengkaran Tsar dan Tsaritsa berujung pada Rasputin, dimana Tsar ingin menyingkirkannya sementara Tsaritsa ingin melindunginya demi puteranya. Tsar jelas selalu mengalah karena ia seorang pria, karena bagaimana pun memang benar bahwa hanya Rasputin lah yang bisa menyembuhkan Alexei.
Tsaritsa Alix akan marah kepada siapapun yang mempertanyakan kehadiran Rasputin di sisi anak laki-lakinya. Sang ratu pun menaruh hormat setinggi-tingginya kepada sosok pendeta tersebut.
Isu pun merebak, entah darimana asalnya tapi dikabarkan bahwa Tsaritsa menjalani affair dengan Rasputin berkat kedekatan mereka secara personal sebagai ibu dan “dokter” anaknya. Rumor ini jelas membuat Tsar amat murka, meski belum jelas kebenarannya Tsar memerintahkan pengawal menyeret keluar Rasputin dari istana. Rasputin dicampakan di depan gerbang istana, meski terus memanggil-manggil Tsaritsa dengan sebutan, “Mama.” berulang kali.
Ia pun berjalan ke kota dan menyewa penginapan. Saat itu meski ingin menolongnya, Tsaritsa tidak bisa melakukan apapun karena suaminya tengah marah besar mendengar rumor bahwa istri yang dicintainya tengah melakukan affair dengan pendeta tersebut.
Esok harinya Tsaritsa mengirimkan utusan seorang kenalan yang paling dipercayainya untuk menemui Rasputin dan mengantarkan surat darinya. Namun dikabarkan dalam film Rasputin yang dibintangi oleh Alan Rickman, justru Rasputin malah tidur dengan utusan Tsaritsa tersebut. Wanita itu mengaku dihipnotis sehingga menuruti keinginan Rasputin yang tengah mabuk karena minum minuman keras di pub malam harinya.
Rasputin sendiri akhirnya ditangkap beberapa orang kerajaan untuk kemudian dieksekusi secara diam-diam, namun versi lain mengatakan bahwa Rasputin mati dibunuh oleh orang-orang pro revolusi karena sebenarnya Rasputin merupakan utusan mereka untuk mengacaukan perhatian Tsar dari kisruh demonstrasi dan tuntutan-tuntutan yang mereka lakukan. Namun tanpa mereka duga, Rasputin malah jatuh hati pada Tsaritsa dan berpotensi menyebabkan kegagalan untuk pergerakan revolusi jika ia membocorkan identitasnya. Karena itu begitu Tsar mengusir Rasputin keluar istana, pendeta itu langsung dibunuh agar identitasnya tetap tidak terungkap.

Akhir kisah hidup yang tragis.

ypat_1
Salah satu ruangan di Ipatiev House yang digunakan sebagai tempat eksekusi keluarga Tsar Nikolay II.
Revolusi Komunis-Sosialis  pun terlaksana pada tahun 1917. Setelah Tsar dipaksa menyerahkan tahtanya, keluarga Tsar ditangkap dan diasingkan ke rumah Ipatiev, di kawasan Yekaterinburg di bawah pengawasan kaum Bolshevik.
Seorang petugas pengawas menjuluki Tsar Nikolay II dengan sebutan “Nicholas si peminum darah” dan Tsaritsa Alexandra dengan sebutan, “Wanita jalang dari Jerman”.
Pukul 2.15 dini hari, ketika malam sunyi seluruh anggota keluarga Romanov dibangunkan dan diperintah untuk turun ke ruang bawah tanah atau ruangan lain (versi lain), dan dikumpulkan di satu tempat di situ.
Alexei berada dalam gendongan ayahnya karena sakitnya kembali melanda, sementara Tsar yang menggendong Alexei duduk di atas kursi. Nikolay II; istrinya, Alexandra Feodorovna; anaknya, Alexei, Olga, Tatiana, Maria, dan Anastasia, dokter keluarga Evgeny Botkin, dan staf rumah tangga Alexei Trupp, Anna Demidova, dan Ivan Kharitonov berkumpul dalam ketakutan di ruangan itu.
Alexandra sebagai istri dan seorang ibu jelas sangat geram karena dibangunkan ketika seharusnya mereka beristirahat saat itu. Belum lagi ia cemas dengan kondisi Alexei yang terlihat pucat dan bernafas dengan tersengal-sengal. Ia berteriak kesal, “Apa yang akan kalian lakukan malam-malam begini?”
Petugas pelaksana eksekusi Yakov Yurovsky berkata, “Keluargamu berusaha menyelamatkanmu, mereka telah gagal dan kami harus menembakmu.”
Ketika Tsar Nikolay II berdiri dan berkata, “Apa?!” belum sadar dari keterkejutannya tiba-tiba tubuh-tubuh mereka diberondong tembakan-tembakan dari petugas eksekusi.
Di masa kini keluarga Tsar Nikolay disebut sebagai martir dan orang-orang suci di Rusia. Meski ada beberapa warga Rusia yang acuh dan bersikap masa bodoh pada mereka, tetap saja dalam hal ini adalah tanggung jawab pemerintah Rusia untuk menghormati pendahulu mereka. Yang perlu kita pelajari dari kisah ini, bahwa seorang raja sejatinya masih manusia juga, Yang bisa saja melakukan kesalahan maupun kebajikan. Yang bisa gagal bahkan bisa sukses dalam hidupnya. Yang masih bisa kalah maupun menang dalam perjuangannya.
Sebagai sesama manusia patutnya kita juga harus meneladani sikap baik dari sang Tsar terakhir Rusia ini. Karena kodrat manusia memang hanya dapat berusaha yang terbaik meskipun hasilnya akan ditentukan oleh Tuhan.
https://alyoshaminded.wordpress.com/2016/09/17/kaisar-terakhir-russia-tsar-nicholas-ii-raja-juga-masih-seorang-manusia/