Searching...

TEROWONGAN TERPANJANG DI DUNIA






Gotthard Base Tunnel (GBT) adalah terowongan kereta api di jantung Pegunungan Alpen Swiss diperkirakan akan dibuka pada tahun 2016. Dengan panjang rute 57 km (35,4 mil) dan total 151,84 km (94,3 mil) dari terowongan, lubang dan bagian, itu adalah terowongan kereta api terpanjang di dunia, melebihi Terowongan Seikan di Jepang.

Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kapasitas transportasi Total di Pegunungan Alpen, terutama untuk angkutan, terutama antara Jerman dan Italia, dan lebih khusus untuk menggeser volume barang dari jalan kereta api untuk mengurangi kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh jumlah truk berat yang terus meningkat. Manfaat sekunder akan memotong waktu perjalanan untuk kereta penumpang dari Zürich ke Milan dengan sekitar satu jam dan dari Zürich ke Lugano ke 1 jam 40 menit.

Proyek ini terdiri dari dua single-track terowongan. Ini adalah bagian dari proyek AlpTransit, juga dikenal sebagai link New Railway melalui Alpen (NRLA), yang meliputi Lötschberg Base Tunnel antara kanton Bern dan Valais dan konstruksi di bawah Ceneri Base Tunnel (dijadwalkan untuk membuka akhir 2019) untuk selatan. Ini bypasses Gotthardbahn, rute gunung berkelok-kelok dibuka pada tahun 1882 di Saint-Gotthard Massif, yang sekarang beroperasi pada kapasitas, dan menetapkan rute langsung digunakan oleh kereta api berkecepatan tinggi dan kereta api barang yang berat.

Total biaya proyek ini adalah 9,8 miliar franc Swiss, atau 10,3 miliar dolar AS. Ketika selesai, Gotthard Base Tunnel akan menjadi salah satu proyek pembangunan terowongan terpanjang di dunia: 20 tahun konstruksi dan persiapan konstan.