Searching...

CONCORDE Pesawat komersil tercepat yang pernah ada










INTERIOR PESAWAT CONCORDE



Aérospatiale-BAC Concorde / kɒŋkɔrd / adalah pesawat jet penumpang supersonik turbojet bertenaga yang dalam pelayanan dari tahun 1976 hingga 2003. Ini adalah salah satu dari hanya dua angkutan supersonik telah memasuki layanan komersial; yang lain adalah Tupolev Tu-144. 

Concorde bersama-sama dikembangkan dan diproduksi oleh Aérospatiale dan British Aircraft Corporation (BAC) di bawah perjanjian Anglo-Perancis. Ini menampilkan kecepatan maksimum lebih dari dua kali kecepatan suara di Mach 2.04, dengan tempat duduk untuk 92-128 penumpang. 

Pertama kali diterbangkan pada tahun 1969, Concorde mulai beroperasi pada tahun 1976 dan terus penerbangan komersial selama 27 tahun.

Di antara tujuan lain, Concorde terbang penerbangan transatlantik reguler dari London Heathrow dan Paris Charles de Gaulle Airport ke New York-JFK, Washington Dulles dan Barbados; itu terbang rute-rute ini dalam waktu kurang dari setengah waktu pesawat yang lain. Dengan hanya 20 pesawat dibangun, pengembangan Concorde adalah kerugian ekonomi yang cukup besar; Air France dan British Airways juga menerima subsidi pemerintah yang cukup untuk membelinya. Concorde sudah pensiun pada tahun 2003 karena penurunan umum dalam industri penerbangan setelah hanya kecelakaan jenis ini pada tahun 2000, serangan teroris 11 September 2001, dan keputusan oleh Airbus, perusahaan penerus Aérospatiale dan BAC, menghentikan dukungan pemeliharaan. [ 5]

Sebanyak 20 pesawat dibangun di Perancis dan Inggris; enam ini adalah prototipe dan pesawat pengembangan. Tujuh masing-masing dikirim ke Air France dan British Airways. Nama Concorde mencerminkan perjanjian pembangunan antara Inggris dan Perancis. Di Inggris, salah satu atau semua jenis-biasa untuk pesawat-dikenal hanya sebagai "Concorde", tanpa sebuah artikel. Pesawat ini dianggap oleh banyak orang sebagai ikon penerbangan dan teknik heran