Searching...

Biografy John Petrucci (Dream Theater)

Nama Lengkap: John Peter Petrucci
Website resmi: JohnPetrucci.com
Grup Band Sebelumnya: Majesty
Guitar: Ernie Ball MusicMan, Ibanez
Tempat Lahir: Long Island, New York, 12 Juli 1967
Pengaruh: Steve Morse, Allan Holdsworth, Yngwie Malmsteen, Metallica, Eddie Van Halen
Zodiac: Cancer
Tempat Tinggal: New York
Status: Married
Keahlian: String skipping, berhubung dgn warna Scales, Arpegio, Matrix Modulation, dan lain-lain.

John Petrucci (lahir pada 12 Juli 1967), seorang gitaris yang dikenal di Amerika Serikat yang membentuk anggota grup band progresif metal Dream Theater. Dia juga seorang produser (dengan rekan bandnya Mike Portnoy) semua album Dream Theater sejak rilis album Scenes Of Memory, 1999.

Petrucci besar di Long Island, tepatnya di taman Kings Petrucci dengan John Myung dan Kevin Moore bersekolah di tempat yang sama. Petrucci bermain gitar pertama kali pada usia 8 tahun. Dan mulai bermain dengan sebuah band pada usia 12 tahun. Band dan gitaris yang mempengaruhi permainan gitarnya adalah Yngwie Malmsteen, Randy Rhoads, Iron Maiden, Stevie Ray Vaughn, Yes, Rush dan sebagainya. Karena saat itu berkembang irama metal dan trash, Petrucci menambahkan pengaruhnya pada musik Metallica dan Queensryche.

Petrucci tumbuh dalam keluarga yang suka musik. Hal ini dapat dilihat dari saudaranya yang semuanya musisi. Sedangkan Petrucci sendiri akhirnya memilih gitar sebagai instrumen pilihan. Petrucci mulai bermain gitar sejak usia 12 tahun. Dia menghabiskan sekitar enam jam dalam satu hari untuk berlatih gitar. Tidak berbeda dari anak-anak lain, Petrucci juga memiliki idola kecil. Dia sangat terpengaruh oleh permainan seperti gitar-gitar Yngwie Malmstein, Steve Morse, Steve Howe, Steve Vai, Stevie Ray Vaughan, Al Di Meola, Alex Lifeson dan Allan Holdsworth. Dia menyebutkan idolanya sebagai “Steves dan Als.” Ia juga dipengaruhi oleh band – band seperti Rush, Yes, Iron Maiden, The ampas, untuk Metallica. Meskipun kecil, Petrucci pernah membuat sebuah band dengan temannya, Kevin Moore. Setelah lulus SMA, Petrucci memilih untuk pergi ke sekolah musik, Berklee College of Music di Boston.
Perjalanan karir Petrucci dimulai saat dia belajar di Barklee. Petrucci dan ketika teman sekolah tinggi, John Ro Myung, mempunyai ide untuk membentuk sebuah band untuk mengisi kekosongan saat kuliah. Mereka bertemu dengan drummer Michael “Mike” Stephen Portnoy di kamar praktek di Berklee, dan setelah dua hari negosiasi akhirnya menyetujui untuk bergabung Mike. Menempatkan posisi keyboard pada seorang teman kecil pertama kalinya, Kevin Moore. Sementara itu, Chris Collins telah dipilih untuk menjadi vokalis. Terbentuklah sebuah band yang bernama Majesty. Majesty sendiri telah berkesempatan untuk membuat demo album. Namun Majesty tidak bertahan lama. Dengan berbagai alasan aliran musik, Chris Collins mengundurkan diri. Tempatnya digantikan oleh Charlie Dominici. Bahkan, nama Majesty telah digunakan oleh band lain. Karena alasan itu, Petrucci, Myung, Portnoy, Moore dan Dominici, sepakat untuk mengubah nama band mereka Dream Theater. Dream Theater sendiri diambil dari nama sebuah bioskop favorit ayah Mike Portnoy yang bernama Dream Theater.

Petrucci bersama Dream Theater merilis album pertama When Dream & The Day Unite 1987. Petrucci,nama yang dikenal banyak orang mulai ketika album kedua Dream Theater, Images dan Words, yang dirilis pada tahun 1992, mendapat respon yang baik oleh Amerika Serikat.Klip lagu Pull Me Under muncul di MTV dan diputar di radio. Album ini juga menelurkan hits seperti Another Day dan Take the Time yang kemudian membuat terkenal Dream Theater. Kemudian diikuti dengan konser – konser Dream Theater dari dalam negeri ke luar negeri. Sampai saat ini, Dream Theater telah merilis 10 studio album. Dream Theater, tetapi juga tidak bebas dari masalah. Dari mulai konflik internal, gonta – ganti personil, hingga masalah dengan label rekaman pernah dihadapi. Akhirnya formasi dari tahun 1999 yang hingga saat ini adalah John Petrucci (gitar), John Myung (bass), Mike Portnoy (drum), James LaBrie (vokal) dan Jordan Rudess (keyboard). Bersama dengan label baru, Road Runner, Dream Theater merilis album ke-9 pada tahun 2007 diberi judul Systematic Chaos.Dan terakhir pada tahun 2009, kembali mengeluarkan album Black Clouds & Silver Linings.

Selain dengan Dream Theater, Petrucci juga ada sisi proyek. Bersama Mike Portnoy (drum), Jordan Rudess (keyboard) dan Tony Levin (bass / Chapman stick), mereka membentuk sebuah grup yang disebut instrumental band Liquid Tension Experiment (LTE). LTE dihasilkan dua album yang cukup sukses di Liquid Tension Experiment I (1998) dan Liquid Tension Experiment II (1999). Petrucci dan istrinya, Rena Sands, mendirikan sebuah label musik dengan nama sendiri Sound Mind Music tahun 2000. Album pertama dirilis oleh label milik Petrucci adalah album duet antara John Petrucci (gitar akustik / listrik) dan Jordan Rudess (piano / keyboard) dengan judul An Evening with John Petrucci dan Jordan Rudess. Pada tahun 2001, Petrucci kesempatan untuk berpartisipasi dalam konser G3 di Amerika Utara dengan “dewa gitar” seperti Joe Satriani dan Steve Vai. Dalam konser G3, Petrucci dibantu oleh Mike Portnoy (drum) dan Dave LaRue (bass). Petrucci melanjutkan konser G3 pada 2005 di Meksiko dan Jepang dengan Joe Satriani, dan Eric Johnson Steve Vai, dan di Amerika Selatan, sekali lagi dengan Satriani dan Vai. Sedangkan untuk tahun 2007, Joe Satriani, Paul Gilbert, John Petrucci berkumpul dalam konser G3 di Amerika Utara. Petrucci juga dipercaya untuk mengisi bagian gitar album – album tersebut, seperti keyboard pada album solo Jordan Rudess, Feeding the Wheel (2001) dan pada lagu Czar di Steel dari album solo keyboard Derek Sherenian (ex-Dream Theater keyboardis), Darah dari Snake (2006). Selain itu, dalam album Marty Friedman, Loudspeaker (2007), Petrucci hadir sebagai Special Guest Guitarist. Petrucci juga mengisi soundtrack video game Sega Saturn: Necronomicon.Selain itu Petrucci juga cukup aktif pada gitar klinik di berbagai tempat. Petrucci merupakan voting member dari NARAS (National Academy of Recording Arts and Sciences), di sebuah akademi spark acara penghargaan musik bergengsi di Amerika Serikat, Grammy Award.

Pada tahun 2005, Petrucci merilis album solo gitarnya yang pertama dengan nama Suspended Animation. Diproduseri album solo ini oleh Petrucci dan berteduh di bawah label, Sound Mind Music. Dalam pembuatannya memerlukan waktu hingga empat tahun, Petrucci dibantu oleh Dave LaRue (bass), Dave DiCenso (drum) dan re-mixer, Tony Verderosa. Album ini juga di-mixed oleh Kevin Shirley yang merupakan mix engineer album Dream Theater. Beberapa lagu dalam album tersebut adalah lagu yang pernah Petrucci mainkan di G3 konser.Lagu-lagunya antara lain : Glasgow Kiss, Damage Control, Wishful Thinking, Curve,dll.

Selain piawai bermain gitar, Petrucci juga piawai membuat lirik.Dalam lagu In The Name Of God (dari album Train Of Thought), Petrucci mengkritik para ahli agama yang mengatasnamakan Tuhan untuk membenarkan semua bentuk kekerasan. Petrucci juga membuat lirik untuk ayahnya yang terserang kanker otak dalam lagu Another Day dalam lagu dan mededikasikannya pada lagu Take Away My Pain (album Falling Into Infinty) setelah ayahnya meninggal. Untuk lagu – lagu yang terdapat banyak tema filosofis dalam ada album Metropolis part II. Petrucci juga banyak menyoroti masalah psikiatris / psikologis dalam lagu – lagu di album Six Degrees of Inner Turbulance. Pada album Systematic Chaos, Petrucci membuat tema fiksi seperti cerita tentang raksasa, vampire, roh / jiwa, dalam lirik – liriknya yang terinspirasi beberapa komik dari berbagai negara.

Sebagai gitaris dunia, Petrucci telah memperoleh beberapa penghargaan. Pada tahun 1992, Petrucci di-endorse oleh Ibanez Guitar gitar untuk produk mereka. Oleh Ibanez, Petrucci membuat tanda tangan model gitar, Ibanez JPM100 P1, P2, P3, P4 dan JPM 90. Pada tahun 1999, Petrucci memutuskan untuk pindah dari Ibanez ke Ernie Ball / Music Man. Pada saat yang sama seperti Ibanez, Petrucci buat gitar dengan nama EB / MM John Petrucci BFR Series. Gitar yang digunakan hingga hari ini. Petrucci juga dipercaya untuk menggunakan produk-produk dari DiMarzio (pickups), Ernie Ball (strings), Axess Elektronik (foot controller), Boss (effects), Dunlop (plectrum, efek wah), dan Mesa Boogie (lemari, amplifiers). Solo gitarnya lagu Under a Glass Moon dimasukkan dalam 100 solo gitar terbaik sepanjang masa. Petrucci telah ditampilkan di majalah Guitar Player edisi Oktober 2007. Majalah Total Guitar menjadikan Petrucci sebagai “Guitarist of the Year 2007″. GuitarOne bahkan menempatkan John Petrucci di peringkat ke-9 “Greatest Shredder of All Time.”


bersama bandnya Dream Theater


di G3 bareng Joe Satriani & Steve Vai
Sumber : Kaskus