ILMU BELA DIRI TERTUA BERSUMBER PADA ZEN BUDHISME..
"TAKLUK KANLAH DIRIMU SEBELUM MENAKLUK KAN ORANG LAIN"
Banteng dikaruniai tanduk,beruang dengan cakar nya dan sebagainya.Bagaimana dgn manusia?Manusia tidak mempunyai alat seperti itu tapi dikaruniai pikiran dan otak yg lebih sempurna.Oleh karena itu manusia haruslah mencari akal untuk membela diri..
Dibawah ini kami ceritakan sedikit tentang/cara ilmu bela diri yg sering dieja dengan sebutan Siu Lim Pai Kun Fu,dimana sering kita sudah terbawa asyik oleh teknik2 yg mentakjubkan,melalui beberapa cerita2 silat kuno..
1.KEMPO DAN BUDHISME
Seketika orang berkesimpulan,bahwa ilmu bela diri shaolin kungfu berasal dari daratan Tiongkok.Namun anggapan seperti itu tidaklah smuanya benar, karena
Kira2 taon 550 M, pendeta Budha yg ke_28 yg bernama DARMA TAICHI,pindah dari tempat tinggalnya di baramon (india)ke daratan tiongkok.Ia menetap disebuah kuil yg bernama SIAUW LIEM SIE atau dikenal kemudian dengan sebutan SHAOLIN yg terletak dipropinsi KWA NAM..
Selama dalam perjalanan dan pengembaraan nya,darma taishi juga menyebarkan ajaran agama budha,dalam tugasnya ini,tidak sedikit tantangan,ancaman,hinaan yg dialaminya,bahkan nyaris merenggut jiwa nya..
Dari pengalaman2 itu,timbulah anggapan pada dirinya,bahwa seorang calon bikshu,sebaiknya juga melatih ketahanan jasmaninya,disamping membersihkan rohaninya untuk mencapai nirwana dgn bersemedi..
Hidup adalah suatu strugle,suatu perjuangan!!demikianlah telah menjadi hukum alam.Untuk dapat survive dialam yg fana ini,,Tuhan telah mentakdirkan memberikan alat2 mempertahankan diri,kpd makhluk ciptaannya..
Dalam ajaran agama budha,dikatakan bahwa hidup itu berasal dari"kosong"atau "tiada".Namun oleh DHARMA TAISHI dilengkapinya,bahwa tidak ada gunanya menjadi kosong atau suci jika tidak dapat atau bisa membela sesama manusia yg ditimpa kemalangan..
DHARMA TAISHI,,atau yg digelar pendeta budha yg ke 28 selama di india pernah belajar SILAT INDIA(kalaripayat?),dan karena tantangan2 yg dihadapinya dalam pengembaraannya ditiongkok,kemudian dia mempelajari pula berbagai aliran silat di tiongkok kuno,selama 9 taon ia bertapa,tekad nya menyusun suatu ilmu mempertahankan diri dan dimasudkan sebagai syarat dan mata pelajaran bagi calon pendeta budha..
Sejak itu,ilmu bela diri yg ditemukannya telah menjadi sebagian dari pendidikan keagamaan pada ZEN BUDHISME..
Dharma tetap beranggapan,bahwa semua pengikutnya haruslah berfisik kuat guna melanjutkan usaha menyebar luaskan ajaran budha yg cukup berat itu..
Dalam cerita silat klasik tiongkok,sering dijumpai nama TATMO COW SU..Nama ini tidak lain adalah yg dimaksud DHARMA TAISHI sendiri,yg menciptakan seni bela diri SHAOLIN KUNGFU atau SIAUW LIEM SIE KUNG_FU..
Seni beladiri ini dilatih secara khusus kpd para calon2 bikshu didikannya,dan diajarkan secara rahasia dalam kuil shorinji,selain anggota tidak boleh melihat atau masuk dalam kuil.Namun keampuhan seni bela diri ciptaannya itu dengan cepat pula menjadi buah bibir masyarakat sekitar nya,bahkan menjalar secara luas didaratan tiongkok..
2.FALSAFAH KEMPO
"Karena seni bela diri kempo waktu itu menjadi sebagian dari latian bagi calon bikshu,dgn sendirinya ilmu itu harus mempunyai dasar falsafah yg kuat.Dengan dilandasi ajaran budha yaitu dilarang membunuh dan menyakiti,maka pada smua kenshi(pemain kempo) dilarang untuk menyerang terlebih dahulu sebelum diserang!!hal ini juga menjadi doktrin kempo bahwa"PERANGILAH DIRIMU SEBELUM MEMERANGIN ORANG LAIN".
Cukup lama sejak meletusnya perang boxer,nama shaolin kungfu menghilang.
Bahkan ditiongkok sendiri,ketika kaum KUN CHAN TANG(PARTAI KOMUNIS TIONGKOK),berkuasa,shaolin kungfu juga mengalami kemunduran (SET BACK).Gerak/teknik yg diperbolehkan muncul ketika itu hanyalah yg merupai senam belaka (TAI KYO_KUEN).
Berdasarkan doktrin ini,mempengaruhi pula susunan teknik bela diri ini,sehingga gerakan2 teknik selalu dimulai dengan mengelak/menangkis serangan dahulu,baru kemudian membalas,selanjutnya disesuaikan,ditingkatkan menurut kebutuhan,yaitu menurut keadaan serangan lawan artinya bila lawan itu sedang dalam keadaan khilaf,cukup dielakan saja dan seterusnya,dharma selalu mengajarkan bahwa disamping dilarang menyerang juga tidak slalu setiap serangan itu harus dibls dengan kekerasan..
Demikianlah dalam ilmu shorinji kempo itu lahirlah apa yg berbentuk mengelak saja,cukup menekukkan bagian2 badan lawan ,kemudian mengunci dan apabila terpaksa barulah dilakukan serangan penghancuran titik2 lemah lawan,berupa tendangan,sikutan,pukulan dan sebagainya.Bentuk yg pertama dikenal sebagai JUHO dan yg berikutnya dikenal sebagai GOHO..
Untuk itu,bagi setiap kenshi diharuskan menguasai teknik GOHO(KERAS) dan JUHO(LUNAK),artinya tidak dibenarkan apabila hanya mementingkan pukulan,tendangan saja,dan melupakan bantingan dan lipatan2..
3.PERANG BOXER DI TIONGKOK..
SHAOLIN KUNGFU sendiri mengalami perkembangan pesat didaratan tiongkok,pengikutnya kian bertambah banyak,sebab itu,shaolin kungfu kian berpengaruh dalam masyarakat tiongkok..
Diawal abad XX,yakni ditahun 1900_1901,didaratan tiongkok meletuslah perlawanan rakyat menentang masuknya kolonialisme barat,dan banyak pengikut shaolin melibatkan diri dengan perlawanan rakyat,pemberontak diawal abad XX tersebut menjadi suatu pergerakkan nasional dan sokong oleh RATU TZE_SJI,,yg juga ingin membersihkan tanah airnya dari penjajahan bangsa barat..
Dengan mengerahkan bantuan yg besar dan juga mempergunakan peralatan perang mutakhir'pihak kolonialisme barat akhirnya mampu mematahkan..
Mematahkan perlawanan rakyat tiongkok,,perang boxer yg menelan jutaan korban itu terkenal dengan sebutan "PERANG BOXER".
Dan oleh kolonialisme para pengikut2 dharma taishi dikejar dan dibunuh,organisasinya dilarang,kuil2 shaolin dirusak dan dibakar..
Begitupun,msh banyak pula pengikut shaolin kungfu dan juga bikshu2 yg sempat meloloskan diri dari kejaran pasukan penjajah,kebanyakan dari mereka yg sempat meloloskan diri tersebut msh berusia muda,dan belum banyak menguasai seni bela diri'yg diwariskan oleh dharma taishi tersebut..
Kebanyakan mereka melarikan diri kearah timur dan selatan,dan mengajarin aliran shorinji yg mereka kuasai kpd pedagang2 dari okinawa,taiwan dan jg muangthai.
Karena tidak terorganisirnya kesatuan,maka penyebaran shaolin kungfu mulai membentuk seni bela diri baru,maka yg melarikan diri ke muangthai dengan hanya menguasai teknik goho (memukul,menendang,dan menangkis),mempengaruhi perkembangan seni bela diri yg ada didaerah tersebut,maka muncullah apa yg disebut"TAI BOXING".Dalam gerakan seni beladiri ini mirip sekali dengan sebagian gerakan2 yg ada di kempo (sifat goho nya).Ajaran shaolin kungfu,terutama teknik goho,juga mempengaruhi seni bela diri yg ada di okinawa(pulau ujung sebelah selatan japan).
Maka di okinawa timbulah seni beladiri yg dinamakan OKINAWATE(kemudian dikenal sebagai KARATE)
Mereka yg melarikan diri di kepulauan jepang lainnya menguasai teknik juho(lunak)juga mempengaruhi seni bela diri yg ada didaerah2 tersebut,dari juho kemudian muncul lah seni bela diri JUJITSU(JU BERARTI HALUS,LENTING DANG FLEKSIBEL),juga lahirlah dari taknik juho seni bela diri AIKIDO dan JUDO.Maka tidaklah heran ,walaupun baru mulai bangkit kembali setelah perang dunia ke 2 setelah menghilang beberapa waktu lamanya namun aliran2 seni bela diri lainnya tersebut tetap bersumber dari shaolin kungfu,....
PERKEMBANGAN KEMPO SETELAH PERANG DUNIA KE 2..
_Dalam perkembangan selanjutnya ,berdasarkan ilmu silat kuno india dan shaolin kungfu dikimpoi dgn aliran2 bela diri lokal di jepang, terbentuklah shorinji kempo yg didirikan dijepang seusai perang dunia ke2,dan dalam waktu relatif singkat seni bela diri ini menyebar luas tidak saja di jepang bahkan diseluruh dunia..
Seorang pemuda japan bernama SO DOSHIN dikirim ke tiongkok dalam pasukan ekspedisi tentara japan ke manchuria pada taon 1928.
Sho Doshin
so doshin yg tak sepaham dengan cara2 penjajahan japan kemudian melarikan diri dari induk pasukannya dan mengembara didaerah tiongkok yg akhirnya membawanya ke kuil siauw liem sie,,kuil ini telah diperbaiki oleh penurus2 dharma taishi,setelah dimusnahkan oleh kolonialisme dalam perang boxer..
Dikuil shaolin ini,so doshin akhirnya mempelajari ilmu shaolin kungfu,langsung dibawah asuhan maha guru(sihang) ke _20 yaitu WEN TAY SON..
Dengan tekun ia berlatih karena dengan kesetiaannya dan penguasaan nya yg sempurna akan shaolin kungfu, maka so doshin diberi penghargaan tertinggi maha guru ke 21, dan diperbolehkan meninggalkan kuil shaolin untuk meneruskan ajaran tsb didaratan japan (tanah airnya).
Tahun 1945,setelah 17 taon menggembleng dikuil shaolin kungfu, so doshin yg telah bergelar SIHANG KE 21(MAHA GURU)kembali ke jepang, dijepang dia membuat dojo(tempat latihan)sendiri,ia memilih tempat dikota TODATSU,yg terletak di propinsi KAGAWA,di pulau SHIKOKU,yg kemudian terkenal sebagai pusat SHORINJI KEMPO..
Murid2 nya mulai berdatangan didojonya,tidak saja dari daerah sekitarnya juga dari daerah2 lain dijapan,bahkan dari luar japan sendiri(terutama mahasiswa asing yg sedang belajar dijapan),sihang ke 21 ini seperti hal nya yg dialaminya sendiri ,juga menempa kenshi2 nya dgn disiplin yg keras,GURU BESAR SHORINJI KEMPO,ini tetap menempatkan seni bela diri ini sebagai pengayom hati dan jiwa dengan penuh rasa damai dan welas_asih bagi para kenshi2nya..
CIKAL BAKAL SHORINJI KEMPO DI INDONESIA..
Sejak tahun 1959,pemerintah jepang dalam rangka pampasan perang dengan indonesia,memberikan kesempatan kepada para mahasiswa dan pemuda indonesia untuk belajar dan memperoleh pelatihan di jepang..
Sebagai konsekuensi yang harus dibayar kepada indonesia yaitu pampasan perang,setelah jepang kalah pada perang dunia ke 2 pada tahun 1945..
Hingga tahun 1965,sudah ratusan mahasiswa dan pemuda indonesia belajar dijepang dalam berbagai disiplin ilmu.
Pada waktu itu adalah merupakan kewajiban bagi setiap mahasiswa dijepang untuk belajar seni bela diri seperti,karate,judo,jujit_su dan shorinji kempo..
Pada tahun 1962,dalam suatu acara kesenian yg dipertunjukkan mahasiswa indonesia menyambut kunjungan rombongan Presiden Republik Indonesia pada waktu itu Ir.Soekarno,beberapa mahasiswa dan pemuda yg dipimpin oleh Utin Syahraz mendemontrasikan kebolehan mereka dalam seni bela diri shorinji kempo..
Utin Syaraz tiba ditokyo sekitar tahun 1960,sebagai trainee pampasan perang jepang,demontrasi yg ditunjuk kan oleh Utin Syaraz dan teman2 nya yg sebagian besar adalah mahasiswa jepang dari Universitas Pertanian Nodai itu menarik minat beberapa mahasiswa dan pemuda indonesia yg menuntut ilmu dijepang.
Dan turut menyaksikan demontrasi itu,antara lain Ginanjar Kartasasmita dan lain2..
Yang pada waktu itu adalah mahasiswa dan trainee indonesia yg kuliah di Tokyo,untuk belajar seni bela diri kempo..
Dalam suatu perjalanan kepulangan menuju Tokyo kembali dari Hombu di Todatsu setelah mengikuti Gashuku(latihan bersama),Ginanjar Kartasasmita,Sidharta Aboejono Martoredjo dan teman2 nya singgah di Kyoto disana berhasil menyakinkan Indra Kartasasmita yg pada waktu itu mempelajari Judo..Untuk beralih dan mempelajari Shorinji Kempo..
Mereka inilah yg merupakan CIKAL BAKAL PENDIRIAN DAN PERKEMBANGAN SENI BELA DIRI SHORINJI KEMPO DI INDONESIA..
Perlu dicatat peran serta dan bantuan beberapa KENSHI jepang yg berjasa membimbing para mahasiswa Indonesia itu untuk belajar SHORINJI KEMPO..Antara lain Sensei Hina(almarhum),dan Sensei Sato(pernah tinggal dijakarta selama 2 tahun melatih para kenshi indonesia)..
Perkemi(Persaudaraan Beladiri Kempo Indonesia),secara resmi didirikan oleh
SENSEI UTIN SYAHRAZ(ALMARHUM),SENSEI GINANDJAR KARTASASMITA,SENSEI INDRA KARTASASMITA di Jakarta pada tanggal 2 Pebruari 1966,lebih dari setahun setelah mereka kembali dari jepang tempat mereka menuntut ilmu dan mempelajari seni beladiri SHORINJI KEMPO ("KEMPO")
Kempo
"TAKLUK KANLAH DIRIMU SEBELUM MENAKLUK KAN ORANG LAIN"
Banteng dikaruniai tanduk,beruang dengan cakar nya dan sebagainya.Bagaimana dgn manusia?Manusia tidak mempunyai alat seperti itu tapi dikaruniai pikiran dan otak yg lebih sempurna.Oleh karena itu manusia haruslah mencari akal untuk membela diri..
Dibawah ini kami ceritakan sedikit tentang/cara ilmu bela diri yg sering dieja dengan sebutan Siu Lim Pai Kun Fu,dimana sering kita sudah terbawa asyik oleh teknik2 yg mentakjubkan,melalui beberapa cerita2 silat kuno..
1.KEMPO DAN BUDHISME
Seketika orang berkesimpulan,bahwa ilmu bela diri shaolin kungfu berasal dari daratan Tiongkok.Namun anggapan seperti itu tidaklah smuanya benar, karena
Kira2 taon 550 M, pendeta Budha yg ke_28 yg bernama DARMA TAICHI,pindah dari tempat tinggalnya di baramon (india)ke daratan tiongkok.Ia menetap disebuah kuil yg bernama SIAUW LIEM SIE atau dikenal kemudian dengan sebutan SHAOLIN yg terletak dipropinsi KWA NAM..
Selama dalam perjalanan dan pengembaraan nya,darma taishi juga menyebarkan ajaran agama budha,dalam tugasnya ini,tidak sedikit tantangan,ancaman,hinaan yg dialaminya,bahkan nyaris merenggut jiwa nya..
Dari pengalaman2 itu,timbulah anggapan pada dirinya,bahwa seorang calon bikshu,sebaiknya juga melatih ketahanan jasmaninya,disamping membersihkan rohaninya untuk mencapai nirwana dgn bersemedi..
Hidup adalah suatu strugle,suatu perjuangan!!demikianlah telah menjadi hukum alam.Untuk dapat survive dialam yg fana ini,,Tuhan telah mentakdirkan memberikan alat2 mempertahankan diri,kpd makhluk ciptaannya..
Dalam ajaran agama budha,dikatakan bahwa hidup itu berasal dari"kosong"atau "tiada".Namun oleh DHARMA TAISHI dilengkapinya,bahwa tidak ada gunanya menjadi kosong atau suci jika tidak dapat atau bisa membela sesama manusia yg ditimpa kemalangan..
DHARMA TAISHI,,atau yg digelar pendeta budha yg ke 28 selama di india pernah belajar SILAT INDIA(kalaripayat?),dan karena tantangan2 yg dihadapinya dalam pengembaraannya ditiongkok,kemudian dia mempelajari pula berbagai aliran silat di tiongkok kuno,selama 9 taon ia bertapa,tekad nya menyusun suatu ilmu mempertahankan diri dan dimasudkan sebagai syarat dan mata pelajaran bagi calon pendeta budha..
Sejak itu,ilmu bela diri yg ditemukannya telah menjadi sebagian dari pendidikan keagamaan pada ZEN BUDHISME..
Dharma tetap beranggapan,bahwa semua pengikutnya haruslah berfisik kuat guna melanjutkan usaha menyebar luaskan ajaran budha yg cukup berat itu..
Dalam cerita silat klasik tiongkok,sering dijumpai nama TATMO COW SU..Nama ini tidak lain adalah yg dimaksud DHARMA TAISHI sendiri,yg menciptakan seni bela diri SHAOLIN KUNGFU atau SIAUW LIEM SIE KUNG_FU..
Seni beladiri ini dilatih secara khusus kpd para calon2 bikshu didikannya,dan diajarkan secara rahasia dalam kuil shorinji,selain anggota tidak boleh melihat atau masuk dalam kuil.Namun keampuhan seni bela diri ciptaannya itu dengan cepat pula menjadi buah bibir masyarakat sekitar nya,bahkan menjalar secara luas didaratan tiongkok..
2.FALSAFAH KEMPO
"Karena seni bela diri kempo waktu itu menjadi sebagian dari latian bagi calon bikshu,dgn sendirinya ilmu itu harus mempunyai dasar falsafah yg kuat.Dengan dilandasi ajaran budha yaitu dilarang membunuh dan menyakiti,maka pada smua kenshi(pemain kempo) dilarang untuk menyerang terlebih dahulu sebelum diserang!!hal ini juga menjadi doktrin kempo bahwa"PERANGILAH DIRIMU SEBELUM MEMERANGIN ORANG LAIN".
Cukup lama sejak meletusnya perang boxer,nama shaolin kungfu menghilang.
Bahkan ditiongkok sendiri,ketika kaum KUN CHAN TANG(PARTAI KOMUNIS TIONGKOK),berkuasa,shaolin kungfu juga mengalami kemunduran (SET BACK).Gerak/teknik yg diperbolehkan muncul ketika itu hanyalah yg merupai senam belaka (TAI KYO_KUEN).
Berdasarkan doktrin ini,mempengaruhi pula susunan teknik bela diri ini,sehingga gerakan2 teknik selalu dimulai dengan mengelak/menangkis serangan dahulu,baru kemudian membalas,selanjutnya disesuaikan,ditingkatkan menurut kebutuhan,yaitu menurut keadaan serangan lawan artinya bila lawan itu sedang dalam keadaan khilaf,cukup dielakan saja dan seterusnya,dharma selalu mengajarkan bahwa disamping dilarang menyerang juga tidak slalu setiap serangan itu harus dibls dengan kekerasan..
Demikianlah dalam ilmu shorinji kempo itu lahirlah apa yg berbentuk mengelak saja,cukup menekukkan bagian2 badan lawan ,kemudian mengunci dan apabila terpaksa barulah dilakukan serangan penghancuran titik2 lemah lawan,berupa tendangan,sikutan,pukulan dan sebagainya.Bentuk yg pertama dikenal sebagai JUHO dan yg berikutnya dikenal sebagai GOHO..
Untuk itu,bagi setiap kenshi diharuskan menguasai teknik GOHO(KERAS) dan JUHO(LUNAK),artinya tidak dibenarkan apabila hanya mementingkan pukulan,tendangan saja,dan melupakan bantingan dan lipatan2..
3.PERANG BOXER DI TIONGKOK..
SHAOLIN KUNGFU sendiri mengalami perkembangan pesat didaratan tiongkok,pengikutnya kian bertambah banyak,sebab itu,shaolin kungfu kian berpengaruh dalam masyarakat tiongkok..
Diawal abad XX,yakni ditahun 1900_1901,didaratan tiongkok meletuslah perlawanan rakyat menentang masuknya kolonialisme barat,dan banyak pengikut shaolin melibatkan diri dengan perlawanan rakyat,pemberontak diawal abad XX tersebut menjadi suatu pergerakkan nasional dan sokong oleh RATU TZE_SJI,,yg juga ingin membersihkan tanah airnya dari penjajahan bangsa barat..
Dengan mengerahkan bantuan yg besar dan juga mempergunakan peralatan perang mutakhir'pihak kolonialisme barat akhirnya mampu mematahkan..
Mematahkan perlawanan rakyat tiongkok,,perang boxer yg menelan jutaan korban itu terkenal dengan sebutan "PERANG BOXER".
Dan oleh kolonialisme para pengikut2 dharma taishi dikejar dan dibunuh,organisasinya dilarang,kuil2 shaolin dirusak dan dibakar..
Begitupun,msh banyak pula pengikut shaolin kungfu dan juga bikshu2 yg sempat meloloskan diri dari kejaran pasukan penjajah,kebanyakan dari mereka yg sempat meloloskan diri tersebut msh berusia muda,dan belum banyak menguasai seni bela diri'yg diwariskan oleh dharma taishi tersebut..
Kebanyakan mereka melarikan diri kearah timur dan selatan,dan mengajarin aliran shorinji yg mereka kuasai kpd pedagang2 dari okinawa,taiwan dan jg muangthai.
Karena tidak terorganisirnya kesatuan,maka penyebaran shaolin kungfu mulai membentuk seni bela diri baru,maka yg melarikan diri ke muangthai dengan hanya menguasai teknik goho (memukul,menendang,dan menangkis),mempengaruhi perkembangan seni bela diri yg ada didaerah tersebut,maka muncullah apa yg disebut"TAI BOXING".Dalam gerakan seni beladiri ini mirip sekali dengan sebagian gerakan2 yg ada di kempo (sifat goho nya).Ajaran shaolin kungfu,terutama teknik goho,juga mempengaruhi seni bela diri yg ada di okinawa(pulau ujung sebelah selatan japan).
Maka di okinawa timbulah seni beladiri yg dinamakan OKINAWATE(kemudian dikenal sebagai KARATE)
Mereka yg melarikan diri di kepulauan jepang lainnya menguasai teknik juho(lunak)juga mempengaruhi seni bela diri yg ada didaerah2 tersebut,dari juho kemudian muncul lah seni bela diri JUJITSU(JU BERARTI HALUS,LENTING DANG FLEKSIBEL),juga lahirlah dari taknik juho seni bela diri AIKIDO dan JUDO.Maka tidaklah heran ,walaupun baru mulai bangkit kembali setelah perang dunia ke 2 setelah menghilang beberapa waktu lamanya namun aliran2 seni bela diri lainnya tersebut tetap bersumber dari shaolin kungfu,....
PERKEMBANGAN KEMPO SETELAH PERANG DUNIA KE 2..
_Dalam perkembangan selanjutnya ,berdasarkan ilmu silat kuno india dan shaolin kungfu dikimpoi dgn aliran2 bela diri lokal di jepang, terbentuklah shorinji kempo yg didirikan dijepang seusai perang dunia ke2,dan dalam waktu relatif singkat seni bela diri ini menyebar luas tidak saja di jepang bahkan diseluruh dunia..
Seorang pemuda japan bernama SO DOSHIN dikirim ke tiongkok dalam pasukan ekspedisi tentara japan ke manchuria pada taon 1928.
Sho Doshin
so doshin yg tak sepaham dengan cara2 penjajahan japan kemudian melarikan diri dari induk pasukannya dan mengembara didaerah tiongkok yg akhirnya membawanya ke kuil siauw liem sie,,kuil ini telah diperbaiki oleh penurus2 dharma taishi,setelah dimusnahkan oleh kolonialisme dalam perang boxer..
Dikuil shaolin ini,so doshin akhirnya mempelajari ilmu shaolin kungfu,langsung dibawah asuhan maha guru(sihang) ke _20 yaitu WEN TAY SON..
Dengan tekun ia berlatih karena dengan kesetiaannya dan penguasaan nya yg sempurna akan shaolin kungfu, maka so doshin diberi penghargaan tertinggi maha guru ke 21, dan diperbolehkan meninggalkan kuil shaolin untuk meneruskan ajaran tsb didaratan japan (tanah airnya).
Tahun 1945,setelah 17 taon menggembleng dikuil shaolin kungfu, so doshin yg telah bergelar SIHANG KE 21(MAHA GURU)kembali ke jepang, dijepang dia membuat dojo(tempat latihan)sendiri,ia memilih tempat dikota TODATSU,yg terletak di propinsi KAGAWA,di pulau SHIKOKU,yg kemudian terkenal sebagai pusat SHORINJI KEMPO..
Murid2 nya mulai berdatangan didojonya,tidak saja dari daerah sekitarnya juga dari daerah2 lain dijapan,bahkan dari luar japan sendiri(terutama mahasiswa asing yg sedang belajar dijapan),sihang ke 21 ini seperti hal nya yg dialaminya sendiri ,juga menempa kenshi2 nya dgn disiplin yg keras,GURU BESAR SHORINJI KEMPO,ini tetap menempatkan seni bela diri ini sebagai pengayom hati dan jiwa dengan penuh rasa damai dan welas_asih bagi para kenshi2nya..
CIKAL BAKAL SHORINJI KEMPO DI INDONESIA..
Sejak tahun 1959,pemerintah jepang dalam rangka pampasan perang dengan indonesia,memberikan kesempatan kepada para mahasiswa dan pemuda indonesia untuk belajar dan memperoleh pelatihan di jepang..
Sebagai konsekuensi yang harus dibayar kepada indonesia yaitu pampasan perang,setelah jepang kalah pada perang dunia ke 2 pada tahun 1945..
Hingga tahun 1965,sudah ratusan mahasiswa dan pemuda indonesia belajar dijepang dalam berbagai disiplin ilmu.
Pada waktu itu adalah merupakan kewajiban bagi setiap mahasiswa dijepang untuk belajar seni bela diri seperti,karate,judo,jujit_su dan shorinji kempo..
Pada tahun 1962,dalam suatu acara kesenian yg dipertunjukkan mahasiswa indonesia menyambut kunjungan rombongan Presiden Republik Indonesia pada waktu itu Ir.Soekarno,beberapa mahasiswa dan pemuda yg dipimpin oleh Utin Syahraz mendemontrasikan kebolehan mereka dalam seni bela diri shorinji kempo..
Utin Syaraz tiba ditokyo sekitar tahun 1960,sebagai trainee pampasan perang jepang,demontrasi yg ditunjuk kan oleh Utin Syaraz dan teman2 nya yg sebagian besar adalah mahasiswa jepang dari Universitas Pertanian Nodai itu menarik minat beberapa mahasiswa dan pemuda indonesia yg menuntut ilmu dijepang.
Dan turut menyaksikan demontrasi itu,antara lain Ginanjar Kartasasmita dan lain2..
Yang pada waktu itu adalah mahasiswa dan trainee indonesia yg kuliah di Tokyo,untuk belajar seni bela diri kempo..
Dalam suatu perjalanan kepulangan menuju Tokyo kembali dari Hombu di Todatsu setelah mengikuti Gashuku(latihan bersama),Ginanjar Kartasasmita,Sidharta Aboejono Martoredjo dan teman2 nya singgah di Kyoto disana berhasil menyakinkan Indra Kartasasmita yg pada waktu itu mempelajari Judo..Untuk beralih dan mempelajari Shorinji Kempo..
Mereka inilah yg merupakan CIKAL BAKAL PENDIRIAN DAN PERKEMBANGAN SENI BELA DIRI SHORINJI KEMPO DI INDONESIA..
Perlu dicatat peran serta dan bantuan beberapa KENSHI jepang yg berjasa membimbing para mahasiswa Indonesia itu untuk belajar SHORINJI KEMPO..Antara lain Sensei Hina(almarhum),dan Sensei Sato(pernah tinggal dijakarta selama 2 tahun melatih para kenshi indonesia)..
Perkemi(Persaudaraan Beladiri Kempo Indonesia),secara resmi didirikan oleh
SENSEI UTIN SYAHRAZ(ALMARHUM),SENSEI GINANDJAR KARTASASMITA,SENSEI INDRA KARTASASMITA di Jakarta pada tanggal 2 Pebruari 1966,lebih dari setahun setelah mereka kembali dari jepang tempat mereka menuntut ilmu dan mempelajari seni beladiri SHORINJI KEMPO ("KEMPO")