Searching...

Perhitungan bunga kartu kredit yang bisa bikin anda shock berat


Ada beberapa saran yang bisa Anda terapkan agar penghasilan tetap aman dari pemakaian kartu kredit yang berlebihan. 

1. Anda harus disiplin dalam pemakaian kartu kredit. Sebaiknya kartu kredit hanya digunakan jika memang sudah dianggarkan dalam keuangan keluarga. Artinya, Anda menggunakan kartu kredit sebagai pengganti uang tunai dengan kelebihan tenggat waktu.

2. Anda juga bisa menggunakan kartu kredit untuk mengalihkan pengeluaran rutin seperti bayar telepon, listrik, ponsel, dan lain-lain. Tapi harus diingat bahwa cara ini hanya untuk memudahkan Anda dalam membayar tagihan lewat satu pintu.

3. Jangan pernah mengambil uang tunai melalui ATM dengan kartu kredit. Bukan hanya karena bunga besar yang dibebankan, tapi juga beban biaya dan penerapan perhitungan bunga langsung. Terkecuali Anda dalam keadaan darurat dan membutuhkan uang tunai dalam waktu cepat.

4. Saat membayar tagihan per bulan, sebaiknya jangan hanya membayar cicilan minimun. Beban bunga per bulannya bisa mencapai 3,5 persen. Dengan perhitungan bunga berbunga maka utang kartu kredit Anda rasanya seperti tak ada habisnya.

5. Batasi kepemilikan kartu kredit, maksimal tiga buah. Lebih baik Anda membuat satu kartu kredit dengan plafon yang besar daripada memiliki banyak kartu dengan limit yang sebenarnya tidak besar. Selain tidak merepotkan, juga mengurangi resiko Anda memiliki utang di mana-mana.


Buat agan agan yang masih bingung, ane akan coba jelaskan dikit.

Hari Minggu 3 April 2011 kemarin ane baca di kompas. Suku bunga kartu kredit di Indonesia sekitar 3%-3.5% per bulan gan.

Penentuan suku bunga pakai sistem bunga majemuk.

Contoh : si A punya utang 48 juta. Bulan berikutnya kalau tuh hutang ga dibayar bunganya 1.680.000. Total hutangnya 49680000. Nah bulan kedua bunganya jadi 1.738.800. Hutangnya jadi 51.418.800. 




Begitu seterusnya gan... dalam waktu 22 bulan hutang dan bunganya akan menjadi 102.312.555.

Wajar kalau bank “tersebut” menyatakan hutang si A plus bunga jadi 100 juta.
Mungkin dia udah lama ga bayar lunas hutangnya.

Buat agan agan, hati-hatilah sebelum apply CC